Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik  dalam pembelajaran  IPA,  serta peningkatan  hasil  belajar peserta didik dengan menggunakan model Think Talk Write dalam pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah 1 Kupang.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakankan Kelas (PTK)  dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V yang berjumlah  20 peserta didik dengan instrument penelitian dan indikator keberhasilan 75. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu  64%  (cukup) dan meningkat  pada  siklus II yaitu 92% (sangat baik).  Aktivitas peserta didik pada  siklus  I yaitu  62%  (cukup)  dan meningkat  pada  siklus  II menjadi 98% (sangat baik). Hasil belajar  peserta didik pada  siklus I yaitu  65% dan meningkat  pada siklus II yaitu 95%. Angket respon siswa 4,6%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Think Talk Write dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang.

Keywords

Model TTW Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Y Nayuf, M., & Muhsam, J. (2023). IMPLEMENTATION OF THE THINK TALK WRITE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES THEME 5 ECOSYSTEM CLASS V PRIMARY SCHOOL. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 222-228. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1247