Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (CPS) creative problem solving terhadap hasil belajar siswa Tema 6 Cita-citaku Di kelas IV SD Muhammadiyah 2 kupang Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini telah di lakukan di SD Muhammadiyah 2 Kupang yang berlangsung selama satu minggu dari tanggal 13 Maret 2023 sampai dengan tanggal 17 Maret 2023. Jenis  penelitian ini adalah pada penelitian pre Ekspermental Design ( Non Design ) variabel bebas adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe ( CPS ) Creative Problem Solving terhadap hasil belajar hasil siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Muhammadiya 2 Kupang kelas IV semester 2 Tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel kelas IVA dengan IVyang di bagi menjadi kela Eksperimen jumlah siswa 29 peserta didik dan kelas control jumlah siswa 30 peserta didik. Data yang dipeeroleh dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial untuk mengetahui normalitas, homogenitas dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil belajar siswa di peroleh dari nilai uji-t pada taraf 0,05 dengan df 83 diperoleh nilai sig 0,000<0,05 maka H0 ditolak  dan HI diterima, dengan demikian dapat disimpilkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (CPS) Creative Problem Solving  terhadap hasil belajar siswa tema 6 Cita-citaku di kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kupang tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Creative Problem Solving Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Abuk, A., Tang, B., & Hasyda, S. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWATEMA 6 CITA-CITAKU DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA KUPANG . Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 248-256. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1364