Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada 12 Juni 2023 dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran IPA tema 8 Siklus Air kelas V SD Inpres Labat Tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media AudioVisual. Subjek penelitian ini adalah 19 orang peserta didik kelas V SD Inpres Labat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Kriteria keberhasilan dalam dalam penelitian ini yaitu 80% dari jumlah siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan tiap siklusnya. Siklus I aktivitas guru pada pertemuan I dan II dengan presentase 63% dan aktivitas peserta didik siklus I pada pertemuan I dan II dengan presentase 62% pada siklus II meningkat aktivitas guru pertemuan I dan II dengan presentase 86% dan peserta didik siklus II pertemuan I dan II dengan presentase 81%. Selain itu hasil belajar peserta didik siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan presentase yang tuntas pada siklus I yaitu 26,31% dengan rata-rata 67,36% dan pada siklus II dengan presentase 84,21% dengan rata-rata 84,21% yang tuntas dengan kategori sangat baik.