Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II SD GMIT NO 07 Oebufu Kupang. Dari hasil observasi pra siklus guru telah menggunakan model pembelajaran, tetapi nilai kemampuan membaca siswa masih rendah dan belum mencapai kriteria yag ditentukan oleh sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemamampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I memperoleh rata-rata 63,75%. Mengalami peningkatan pada siklus II yakni 91,25%. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum penerapan media pembelajaran kartu kata bergambar sudah mencapai indikator keberhasilan yakni ≥ 85 dari jumlah siswa 16 orang. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media kartu suku kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas II SD GMIT No 07 Oebufu Kupang Tahun Ajaran 2022/2023.