Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada peserta didik kelas V pada tema VI cita-citaku di SD Negeri Oeba 3, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Oeba 3 melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PKn materi menjelaskan arti dan makna simbol-simbol sila dalam pancasila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas menggunakan beberapa tahap antara lain : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas V SD Negeri Oeba 3 dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan tes serta analisis data yang digunakan adalah hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PKn materi menjelaskan arti dan makna simbol-simbol sila dalam pancasila. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar peserta didik 35% dengan nilai rata-rata 80 dengan jumlah peserta didik yang tuntas 4 orang. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 90% dengan nilai rata-rata 95 dengan jumlah peserta didik tuntas 18 orang. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan dikatakan sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini berhasil, sehingga peneliti menyatakan bahwa penerapan dan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik