Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi IPA melalui model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetik  di kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetik  dan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model Kemmis dan Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah semua peserta didik kelas IV SD Inpres Oepoi yang terdiri dari 14 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan penelitian dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II terjadinya peningkatan. Dilihat dari presentase ketuntasan klasikal dari tahap pra siklus yaitu 64% meningkat menjadi 64,28% pada siklus I serta pada siklus II mengalami peningkatan 86%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata diatas KKM 70 sebanyak > 85% dari jumlah siswa 14. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetik  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2022/2023.

Keywords

Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetik Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Muhammad, N., Tabun, M., Hasyda, S., & Rusadi Letasado, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES OEPOI KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 352-358. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1374