Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Index Card Macth  terhadap hasil belajar PKn  Peserta Didik kelas V SD Muhammadiyah 2 Kupang. Penelitian ini adalah tes pilihan ganda 20 soal. Data ini dianalisis dengan SPSS 22. Melihat perubahan hasil belajar peserta didik dapat ditarik kesimpulan bahwa pada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 2 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan nilai pretest Eksperimen mencapai 64,76 dan posttest 77,96 dengan demikian dapat disimpilkan bahwa penggunaan model pembelajaran index card macth  terhadap peningkatan hasil belajar pesrta didik. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa Pengaruh model pembelajaran index card macth untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V. Pada hasil pretest ( 0,010 >  0,05 ) dan pada hasil posttest ( 0,020 > 0,05 ) dengan jumlah responden 30 siswa. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran index card macth  terhadap  hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 2 Kupang tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Model Index Card Macth Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
Muslimah Arba, I., Wula, Z., & Hasyda, S. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 359-365. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1376