Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) pada siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, indikator keberhasilan 75% dan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) skor aktivitas guru siklus I mencapai 68,88. Dan siklus II mencapai 82,77 pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I mencapai 60,11 dan siklus II mencapai 87,33. Adapun nilai hasil belajar siswa siklus I yang dimana siswa yang tuntas 12 anak dengan presentase 70,25 % dan siswa yang tidak tuntas 8 anak dengan presentase ketidak tuntasan 40 %. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana siswa yang tuntas ada 20 siswa dengan pencapaian 100 % dan tidak tuntas 0 %. Hal ini membuktikan bahwa . Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu.