Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi IPS melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray di kelas IV SD Negeri Oeba 3 Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model Kemmis dan Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah semua peserta didik kelas IV SD Negeri Oeba 3 yang terdiri dari 19 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi dan angket, dimana KKM nya 70 dan indikator keberhasilannya 80%. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan penelitian dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II terjadinya peningkatan. Dilihat dari presentase ketuntasan klasikal dari tahap pra siklus yaitu 60% meningkat menjadi 68% pada siklus I serta pada siklus II mengalami peningkatan 89%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan ketuntasan peserta didik, sedangkan untuk aktivitas guru dan peserta didik juga mengalami peningkatan dilihat dari hasil perbandingan siklus I dan siklus II yaitu siklus I 8% dan 77% sedangkan pada siklus II yaitu 92% dan 88%. Maka dari itu dapat dikemukakan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords

Two Stay Two Stray; Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Nurlailah, & Azahara, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Pada Tema 9 Kayanya Negeri Kelas IV SD Negeri Oeba 3. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(1), 8-13. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1493