Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk hasil belajar matematika menggunakan media kantong bilangan pada siswa kelas 1 SDN 1 Jenggik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang meliputi perencanaan, Pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa. Istrument yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi kgiatan guru maupun kegiatan siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah tercapainya ketuntasan belajar baik secara individu maupun klasikal dimana KKM yaitu ≥70. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas I di SDN 1 jenggik, penggunaan media kantong bilangan pada mata pelajaran matematika materi berhitung susun penjumlahan dan pengurangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari jumlah siswa sebanyak 15 siswa yang tuntas sejumlah 9 orang siswa (60%)  dan yang belum tuntas sejumlah 6 orang siswa (40%), meningkat pada siklus II menjadi 13 orang siswa (86,67%) yang tuntas  dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang siswa (13,33%). Ini membuktikan bahwa penggunaan media kantong bilangan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I di SDN 1 Jenggik

Keywords

Hasil Belajar Matematika Media Kantong Bilangan

Article Details

How to Cite
adwiah, R., & ., N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kantong Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Jenggik. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(1), 14-19. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1497