Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi teks narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 25 Palembang dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam 2 siklus dan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa data deskriptif kualitatif, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal evaluasi dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan memahami isi teks narasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 25 Palembang. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mencapai 80% dengan kategori baik dan siklus II mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 78% dengan kategori baik dan siklus II mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Adapun nilai hasil belajar siklus I menunjukkan terdapat 17 anak yang tuntas pada pencapaian 54,84% dan peserta didik yang tidak tuntas 14 anak pada pencapaian 45,16%. Sedangkan nilai hasil belajar peserta didik pada siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 29 anak dengan nilai pencapaian 93,54% dan peserta didik yang tidak tuntas 2 anak dengan penapaian 6,46%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media berbasis audi0 visual dapat meningkatkan kemampuan memahami isi teks narasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 25 Palembang.