Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MIS Al Anshar pada mata pelajaran IPA, dari hasil observasi pra siklus guru telah mengunakan model pembelajaran yang ada di sekolah tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 72. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas  yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dalam  meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada mata pelajaran IPA, tema 3 makanan sehat, subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbantuan Puzzle Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbantuan Puzzle, pada tahap pratindakan berdasarkan hasil observasi hasil belajar peserta didik, masih dibawah standar KKM 72. Pada hasil tes siklus I rata-rata perolehan 42,6% Pada siklus II nilai rata-rata 83,5%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata diatas KKM 72 sebanyak > 80% dari jumlah peserta didik 20 orang. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbantuan Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Mis Al Anshar Kupang.

Keywords

Model Time Token, Puzzle, Hasil Belajar IPA

Article Details

How to Cite
Ahmad, H., Muhsam, J., Nuriyah, & Nurlailah. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MIS Al Anshar Kupang. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(3), 256-263. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1638