Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Index Card Mard berbantuan papan pintar pada kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model kooperatif Index Card Match berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari masing-masing siklus. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 64,28% dan terdapat 10 peserta didik yang tuntas dengan presentasi 35,71% , pada siklus ll mengalami peningkatan menjadi 25 siswa yang tuntas dengan presentasi 89,28% dan 3 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 10,71%. Peningkatan juga terjadi pada observasi aktivitas guru, pada siklus l memiliki presentasi 73,3% meningkat menjadi 92% pada siklus ll. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif Index Card Match berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran index card match yang mempunyai konsep mencari pasangan melalui kartu soal dan jawaban membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran ditambah dengan media papan pintar yang memuat informasi-informasi penting terkait materi dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif index card match berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.