Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS topik B Daerahku dan Kekayaan Alamnya Kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, lembar observasi dan pengamatan aktivitas peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi rata, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning serta perangkat pembelajaran berupa, ATP, Moful Ajar, dan LKPD, aktivitas guru, aktivitas siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Leraning dalam proses pembelajaran bab 5 topik B maka dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik pada pelajaran IPAS ditandai nilai rata-rata yang dicapai di atas KKM 70 sebanyak 80 dari jumlah peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peneingkatan hasil belajar. hasil belajar peserta didik dapat meningkat dari rata-rata. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya peningkatan dari setiap aspek yang telah ditentukan. Pada siklus I, nilai yang diperoleh siswa adalah 45,45% dengan kategori cukup baik, skor aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh presentase 86,6% dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS tipok B Kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2023/2024