Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS topik B Daerahku dan Kekayaan Alamnya Kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, lembar observasi dan pengamatan aktivitas peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi rata, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning serta perangkat pembelajaran berupa, ATP, Moful Ajar, dan LKPD, aktivitas guru, aktivitas siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Leraning dalam proses pembelajaran bab 5 topik B maka dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik pada pelajaran IPAS ditandai nilai rata-rata yang dicapai di atas KKM 70 sebanyak 80 dari jumlah peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peneingkatan hasil belajar. hasil belajar peserta didik dapat meningkat dari rata-rata. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya peningkatan dari setiap aspek yang telah ditentukan. Pada siklus I, nilai yang diperoleh siswa adalah 45,45% dengan kategori cukup baik, skor aktivitas siswa mengalami peningkatan  pada siklus II memperoleh presentase  86,6% dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS tipok B Kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2023/2024


 

Keywords

Model Pembelajaran Project Based Learning.

Article Details

How to Cite
Bota, Y. T., & Sunimbar. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk MeningkatKan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Topik B Kelas IV SD Inpres Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(3), 302-307. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1692