Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV topik c manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya SD Negeri Naikoten 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan media kartu bergambar topic c manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya SD Negeri Naikoten 1 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Dilihat dari presentase dari tahap siklus I yaitu 40% dengan rata-rata kelas 63%. Pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 90% dengan rata-rata kelas 92,25%. Sedangkan untuk aktivitas guru dan peserta didik juga mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas guru siklus I yaitu 67% dan aktivitas peserta didik siklus I 65%. Kemudian pada siklus II aktivitas guru mencapai 96% dan aktivitas peserta didik mencapai 96%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give berbantuan media kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV topik c manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya SD Negeri Naikoten 1 kupang.