Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media flipchart pada siswa kelas IV SD GMIT Oetefu Besar, jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini laksanakan di kelas IV SD GMIT Oetefu Besar.Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes akhir siklus.Teknik analisis data adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif, instrument penelitian menggunakan lembar observasi, lembar soal/LKPD, dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan kepada peserta didik secara individu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD GMIT Oetefu Besar setelah menerapkan model pembelajaran course review horay (CRH) berbantuan media flipchart nilai hasil belajar siklus I yang dimana siswa yang tuntas sebanyak 3 anak pada pencapaian 20% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 anak pada pencapaian 80% . sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana peserta didik yang tuntas 13 anak dengan pencapaian 86,67% dan yang tidak tuntas 2 anak dengan pencapaian 13,33% . Aktivitas guru siklus I 65,90% dengan kategori cukup baik dan siklus II mencapai 89,77% dengan kategori sangat baik. Sedangkan observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 63,63% dengan kategori cukup baik dan siklus II mencapai 88,87% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay (CRH) berbantuan media flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa PKn pada siswa kelas IV SD GMIT Oetefu Besar NTT.