Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam , 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, Hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melalui tiga tahap yakni, pengumpulan data, pengkajian, dan analisis data. Dengan subjek penelitian pada peserta didik kelas SD Muhammadiyah 1 kota kupang dengan jumlah peserta didik 22 terdiri dari 12 laki- laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik D ‘Sikap bangga sebagai bangsa indonesia’’ pada pembelajaran PPKn dengan ketuntasan yang diperoleh pada kelas yang dikategorikan tuntas 15 orang peserta didik dengan nilai presentase 68,18% dan ketidaktuntasan pada 7 orang peserta didik dengan nilai presentase 31,82 % dengan nilai rata-rata 70,45% dari hasil belajar peserta didik pada siklus I belum mencapai KKM 75. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 19 peserta didik dengan nilai ketuntasan sebesar 86,36%, mencapai KKM ketuntasan dengan nilai rata-rata 75. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Article Details

How to Cite
Gimarains, A. D., Arifin, & Letasado, M. R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(1), 30-34. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1732