Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan model problem based learning berbasis lembar kerja siswa .Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam, 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melalui tiga tahap yakni, pengumpulan data, pengkajian, dan analisis data. Dengan subjek penelitian pada peserta didik kelas SD inpres Oepoi Kupang dengan jumlah peserta didik 25 terdiri dari 18 laki- laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model problem based learning berbasis lembar kerja siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik B ‘’Kini Aku Menjadi Lebih Tertib’’ pada pembelajaran IPAS dengan ketuntasan yang diperoleh pada kelas yang dikategorikan tuntas sebanyak 19 peserta didik dengan nilai presentase 64% dan ketidaktuntasan pada 6 peserta didik dengan nilai presentase 36 % dengan nilai rata-rata 69,40% dari hasil belajar peserta didik pada siklus I belum mencapai KKM 70. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 23 peserta didik dengan nilai ketuntasan sebesar 92%, mencapai KKM ketuntasan dengan nilai rata-rata 70. Dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbasis Lembar Kerja Siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis