Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Katolik Ni’i pada mata pelajaran Matematika, dari hasil observasi pra siklus guru telah menggunakan metode pembelajaran yang ada di sekolah tapi nilai peserta didik belom mencapai KKM 70. Untuk mengtasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi luas persegi dan persegi panjang di kelas IV SD Katolik Ni’I melalui metode pembelajaran example non example berbantuan media papan flannel, hasil menunjukan nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik sebelum menerapkan metode pembelajaran example non example berbantuan media papan flannel, pada tahap pratindakan berdasarkan hasil observasi hasil belajar peserta didik masih dibawa standar KKM 70. Indikator keberhasilan penelitian ini jika ketuntasan individu mencapai 70 dan presentasi keselurahan mencapai 85 pada hasil tes siklus I rata-rata diperolehan 40% pada siklus II nilai rata-rata 90%. Hal ini kriteriannya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata diatas KKM 70 sebanyak > 80% dari jumlah peserta didik 20 orang. Kesimpulan, bahwa penerapan metode pembelajaran example non example berbantuan media papan flannel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang di kelas IV SD Katolik Ni’i pada Tahun Ajaran 2023/2024.

Article Details

How to Cite
Ngongo, M. F. A., Kurniawan, B., & Nuriyah. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Papan Flannel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Katolik Ni`I, Kupang. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(1), 92-96. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1743