Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran media power point pada siswa kelas V SD Negeri Siuf. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Banyak subyek penelitian ini adalah 16 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, dokumentasi dan lembar observasi. Data dianalisis denagn menggunakan perhitungan ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian aktifitas guru pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,98% (Baik) Dan siklus II mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85% (Sangat baik). Adapun nilai hasil belajar siswa siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase sebesar 43,75% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase sebesar 56,25%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana peserta didik yang tuntas sebanyak 15 orang dengan persentase sebesar 93,75% dan siswa tidak tuntas 1 orang dengan persentase sebesar 6,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa.