Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil belajar peserta didik melalui model Jigsaw pada siswa kelas IV UPTD SDN Siuf. Manfaat dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan memungkinkan siswa untuk memahami pembelajaran lebih baik, karena pembelajaran benar-benar bermakna dan memberikan suasana dan tangapan baru dalam kegiatan belajar, sehingga siswa lebih tertarik dan senang mengikuti pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model pengembangan menurut kemmis yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV UPTD SDN Siuf berjumlah 14 orang. Teknik pengumpilan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan data observasi aktivitas guru dan siswa, data tes analisis menggunakan rata-rata nilai dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menumjukan rata-rata siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I mencapai 40, 00 dan meningkat paa siklus II menjadi 95, 00: hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yakni 75 pada pembelajaran IPA materi Sumber Energi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN Siuf pada pembelajaran IPA materi Sumber Energi.