Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV b UPTD SDN Naikoten 1 pada mata pelajaran IPAS, dari hasil observasi guru telah menggunakan model pembelajaran yang ada di sekolah tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Bab VII bagaimana mendapatkan semua keperluan kita, materi aku dan kebutuhanku di kelas IVB UPTD SDN Naikoten 1 melalui penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Pada hasil tes siklus I rata-rata perolehan nilai siswa ialah 68%.Pada siklus II nilai rata-rata 93%.Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata KKM 75 > 100 dari jumlah peserta didik 17 orang. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik A aku dan kebutuhanku kelas IV B UPTD SDN Naikoten 1 Tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Team Assisted Individualization; Hasil Belajar; Pembelajaran IPAS.

Article Details

How to Cite
Bani, J. I., Muhsam, J., & Ahmad, R. A. R. (2025). Penerapan Model Team Assisted Individualized (Tai) Berbantuan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar . Mimbar PGSD Flobamorata, 3(2), 62-66. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i2.2180