Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik pada aspek kognitif dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing pada peseerta didik kelas V SD Inpres Nifubuni. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca peserta didik kelas V SD Inpres Nifubuni setelah menerapkan model pembelajaran Role Playing skor aktivitas guru siklus I mencapai 73,84% dan siklus II mencapai 92,30% pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 69,09% dan siklus II mencapai 89,90%. Adapun nilai hasil kemampuan membaca peserta didik siklus I yang dimana peserta didik yang tuntas 3 orang dengan presentase 73,84% dan peserta didik yang tidak tuntas 9 orang pada pencapaian 72,72%. Sedangkan nilai hasil kemampuan membaca peserta didik pada siklus II dimana peserta didik yang tuntas ada 9 orang dengan pencapaian 81,81% dan tidak tuntas 18,18%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca pada aspek kognitif peserta didik kelas V SD Inpres Nifubuni.