Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achivement Division terhadap hasil belajar PPKN peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Pra-Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDI Oeba 2 Kupang yang terdiri dari 25 peserta didik. Sampel penelitian ini, di tentukan dengan teknik Sampling Jenuh,  yaitu peserta didik kelas III SDI Oeba 2 yang berjumlah 25 orang peserta didik. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar tema 4 kewajiban dan hakku sub tema 2 kewajiban dan hakku di sekolah mata pelajaran PPKN. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas posttest 67,2 dan pretest 47,91. Hal ini di katakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar PPKN peserta didik sebelum dan sesudah di beri perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD)  Dengan demikian, model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar PPKN.

Article Details

How to Cite
Finit , S. J., Kurniawan, B., & Tolan, F. D. J. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Siswa Kelas III SDI Oeba 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Mimbar PGSD Flobamorata, 3(2), 81-84. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i2.2185