Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter toleransi siswa topik 6 Indonesiaku kaya budaya kelas IV SDN Oesapa Kecil 2, dengan jumlah siswa 20 orang. Jenis penelitian PTK pelaksanaan penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Oesapa Kecil 2. Teknik penelitian tes pilihan ganda, observasi. Pengumpulan data soal pretes dan postes, lembar observasi. Analisis data, data yang diperoleh, baik data hasil observasi maupun data hasil tes, selanjutnya diolah dan dianalisi menggunakan teknik deskriptif melalui perhitungan persentase. Hasil penelitian adalah pada siklus I nilai persentase hasil belajar sebanyak 71,5% dengan kategori cukup baik, dan persentase karakter toleransi sebanyak 72,9%, dengan kategori cukup baik, maka selanjutnya siklus II mengalami peningkatan yaitu hasil belajar 92,24% maka kategori dinyatakan sangat baik, dan karakter toleransi siswa mengalami peningkatan yaitu 83,7% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter toleransi siswa pada pembelajaran IPAS topik6 Indonesiaku kaya budaya kelas IV SDN Oesapa Kecil2 Tahun Ajaran 2023/2024 sangat meningkat.