https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/issue/feedMimbar PGSD Flobamorata2024-08-31T12:11:46+00:00Fenny Tanalinal Khasnamimbarpgsdfloba@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Mimbar PGSD Flobamorata</strong> adalah jurnal ilmiah yang berisi dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, dan ide-ide atau karya inovatif di bidang pendidikan dasar yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang. </p> <p><strong>Mimbar PGSD Flobamorata</strong> terbit 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, November.</p>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1583Penggunaan Media Audio Visual Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Teks Narasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 25 Palembang2024-08-31T12:11:46+00:00Safera Tri Utamisaferatriutami678@gmail.comMarwan Pulungan marwanpulungan@fkip.unsri.ac.idAnita Putri Oktarianianitaoktariani00@guru.sd.belajar.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi teks narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 25 Palembang dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam 2 siklus dan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa data deskriptif kualitatif, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal evaluasi dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan memahami isi teks narasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 25 Palembang. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mencapai 80% dengan kategori baik dan siklus II mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 78% dengan kategori baik dan siklus II mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Adapun nilai hasil belajar siklus I menunjukkan terdapat 17 anak yang tuntas pada pencapaian 54,84% dan peserta didik yang tidak tuntas 14 anak pada pencapaian 45,16%. Sedangkan nilai hasil belajar peserta didik pada siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 29 anak dengan nilai pencapaian 93,54% dan peserta didik yang tidak tuntas 2 anak dengan penapaian 6,46%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media berbasis audi0 visual dapat meningkatkan kemampuan memahami isi teks narasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 25 Palembang.</p>2024-08-30T21:56:50+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1642Analisis Perspektif Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Di Daerah 3T2024-08-30T22:39:05+00:00Muhamad Rusadi Letasadoadymaper12@gmail.comI Wayan Suastrai_wayansuastra@yahoo.comI Wayan Lasmawanlasmawanizer@yahoo.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif kurikulum merdeka dalam pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar di daerah 3T. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Metode penelitian ini merupakan suatu gambaran, deskripsi, dan analisis suatu objek dari situasi yang telah diperoleh. instrumen penelitian adalah alat dasar yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pengumpulan data berdasarkan literatur yang didapat dari sumber online. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder sebagai penunjang dalam mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki tujuannya sendiri dalam membuat pembelajaran lebih bermakna, Dari hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa guru-guru yang berada didaerah 3T masih banyak menjumpai kendala, bahwasannya dalam penerapan kurikulum merdeka ini terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh para guru, Adanya Perubahan Kurikulum yang baru tentunya ada beberapa Tantangan utama yang dihadapi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Daerah-daerah tertinggal di Provinsi Nusa Tenggara Timur, memiliki kekurangan fasilitas dan kemampuan untuk mengakses internet, yang menghambat akses ke sumber daya pendidikan online yang berkaitan dengan kurikulum merdeka belajar. Sekolah di kota dan pedesaan memiliki perbedaan dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar.</p>2024-08-30T21:45:06+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1638Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MIS Al Anshar Kupang2024-08-30T22:39:05+00:00Halila Ahmadhalila.ahmad@gmail.comJulhidayat Muhsamjulhidayat.1.muhsam@gmail.comNuriyahnuriyahnur43@gmail.comNurlailahabimnurlailah@gmail.com<p>Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MIS Al Anshar pada mata pelajaran IPA, dari hasil observasi pra siklus guru telah mengunakan model pembelajaran yang ada di sekolah tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 72. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA, tema 3 makanan sehat, subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Time Token</em> berbantuan <em>Puzzle </em>Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Time Token </em>berbantuan <em>Puzzle</em>, pada tahap pratindakan berdasarkan hasil observasi hasil belajar peserta didik, masih dibawah standar KKM 72. Pada hasil tes siklus I rata-rata perolehan 42,6% Pada siklus II nilai rata-rata 83,5%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata diatas KKM 72 sebanyak > 80% dari jumlah peserta didik 20 orang. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Time Token </em>berbantuan <em>Puzzle </em>untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Mis Al Anshar Kupang.</p>2024-08-30T21:46:16+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1683Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Team Achievement Division Di Kelas III UPTD SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang2024-08-30T22:39:06+00:00Taty R. KorohTatykoroh62@gmail.comSofia G. Un Lalasofia.lala@staf.undana.ac.idDenada Manafedenadamanafe@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Daur Hidup Hewan di Kelas III UPTD SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Rumusan masalahnya adalah: bagaimana model pembelajaran Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Daur Hidup Hewan?. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes prasiklus, nilai rata-rata siswa adalah 44,09 menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa pada materi daur hidup hewan masih rendah. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 60,38 dengan 37% siswa mencapai KKM, sementara 63% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hambatan pada siklus I termasuk kurangnya penguasaan guru terhadap model pembelajaran dan kurangnya kesungguhan siswa dalam mendengarkan dan mengerjakan soal.Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata siswa mencapai 80,74, di mana semua siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Peningkatan ini disebabkan oleh peningkatan pemahaman siswa terhadap model pembelajaran cooperative tipe STAD, serta peningkatan kesungguhan siswa dalam mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan soal, serta penguasaan guru terhadap model pembelajaran tersebut</p>2024-08-30T21:47:24+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1691Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Index Card Match Berbantuan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab 5 Topik B Kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2023/20242024-08-30T22:39:06+00:00Yulianyati Maiatayulianyatimaiata@gmail.comSunimbarsunimbar@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran <em>Index Card Mard </em>berbantuan papan pintar pada kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model kooperatif <em>Index Card Match </em>berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari masing-masing siklus. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 64,28% dan terdapat 10 peserta didik yang tuntas dengan presentasi 35,71% , pada siklus ll mengalami peningkatan menjadi 25 siswa yang tuntas dengan presentasi 89,28% dan 3 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 10,71%. Peningkatan juga terjadi pada observasi aktivitas guru, pada siklus l memiliki presentasi 73,3% meningkat menjadi 92% pada siklus ll. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif <em>Index Card Match </em>berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran index card match yang mempunyai konsep mencari pasangan melalui kartu soal dan jawaban membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran ditambah dengan media papan pintar yang memuat informasi-informasi penting terkait materi dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif index card match berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.</p>2024-08-30T21:48:28+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1696Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD GMIT Oetefu Besar Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur2024-08-30T22:39:06+00:00Debora Selandeboraseland@gmail.comFenny Tanalinal Khasnafennytanalinal@gmail.com<p> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN dengan menerapkan pembelajaran <em>Course Review Horay </em>(CRH) berbantuan media flipchart pada siswa kelas IV SD GMIT Oetefu Besar, jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini laksanakan di kelas IV SD GMIT Oetefu Besar.Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes akhir siklus.Teknik analisis data adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif, instrument penelitian menggunakan lembar observasi, lembar soal/LKPD, dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan kepada peserta didik secara individu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD GMIT Oetefu Besar setelah menerapkan model pembelajaran course review horay (CRH) berbantuan media flipchart nilai hasil belajar siklus I yang dimana siswa yang tuntas sebanyak 3 anak pada pencapaian 20% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 anak pada pencapaian 80% . sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana peserta didik yang tuntas 13 anak dengan pencapaian 86,67% dan yang tidak tuntas 2 anak dengan pencapaian 13,33% . Aktivitas guru siklus I 65,90% dengan kategori cukup baik dan siklus II mencapai 89,77% dengan kategori sangat baik. Sedangkan observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 63,63% dengan kategori cukup baik dan siklus II mencapai 88,87% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran <em>course review horay</em> (CRH) berbantuan media <em>flipchart</em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa PKn pada siswa kelas IV SD GMIT Oetefu Besar NTT.</p>2024-08-30T21:50:24+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1694Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Berbantuan Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Topik A Aku Dan Kebutuhanku Kelas IV SDK Santo Yoseph 2 Naikoten 2024-08-30T22:39:06+00:00Maria Alfrida Aida Fahikaidafahik@gmail.comSunimbarsunimbar@staf.undana.ac.idUmmu Aimanummuaiman507@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI (<em>Somatic, Auditory, Visual, Intellectual</em>) berbantuan media pakapindo dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik A aku dan kebutuhanku kelas IV SDK Santo Yoseph 2 Naikoten Kota Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik analisis data yang digunakan ada 2 yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV SDK Santo Yoseph 2 Naikoten setelah diterapkan model pembelajaran SAVI (<em>Somatic, Auditory, Visual, Intellectual</em>) berbantuan media pakapindo dengan skor aktivitas guru pada siklus I adalah 56,25% dengan kategori kurang baik dan pada siklus II sebesar 94,37%. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 60,21% dan siklus II sebesar 95,04%. Adapun hasil belajar tes peserta didik siklus I perserta didik yang tuntas adalah 10 orang dengan presentase 45,45% dan peserta didik yang tidak tuntas adalah 12 orang dengan presentase 54,54%mencapai dan meningkat pada siklus II yakni peserta didik yang tuntas adalah sebanyak 22 siswa dengan presentase 100%</p>2024-08-30T21:51:23+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1693Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Topik C Manfaat Keberagaman Dan Melestarikan Keberagaman Budaya SD Negeri Naikoten 1 Kupang 2024-08-30T22:39:07+00:00Katharina Briakatharinabria@gmail.comSunimbarsunimbar@staf.undana.ac.idMuhamad Rusadi Letasadoadymaper12@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV topik c manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya SD Negeri Naikoten 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe t<em>ake and give </em>berbantuan media kartu bergambar topic c manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya SD Negeri Naikoten 1 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Dilihat dari presentase dari tahap siklus I yaitu 40% dengan rata-rata kelas 63%. Pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 90% dengan rata-rata kelas 92,25%. Sedangkan untuk aktivitas guru dan peserta didik juga mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas guru siklus I yaitu 67% dan aktivitas peserta didik siklus I 65%. Kemudian pada siklus II aktivitas guru mencapai 96% dan aktivitas peserta didik mencapai 96%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>take and give</em> berbantuan media kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV topik c manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya SD Negeri Naikoten 1 kupang.</p>2024-08-30T21:52:21+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1692Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk MeningkatKan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Topik B Kelas IV SD Inpres Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2023/20242024-08-30T22:39:07+00:00Yuliana Tange Botayulianabota26@gmail.comSunimbarsunimbar@staf.undana.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS topik B Daerahku dan Kekayaan Alamnya Kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran <em>Project Based Learning. </em>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, lembar observasi dan pengamatan aktivitas peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi rata, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model pembelajaran <em>Project Based Learning </em>serta perangkat pembelajaran berupa, ATP, Moful Ajar, dan LKPD, aktivitas guru, aktivitas siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran <em>Project Based Leraning </em>dalam proses pembelajaran bab 5 topik B maka dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik pada pelajaran IPAS ditandai nilai rata-rata yang dicapai di atas KKM 70 sebanyak 80 dari jumlah peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peneingkatan hasil belajar. hasil belajar peserta didik dapat meningkat dari rata-rata. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya peningkatan dari setiap aspek yang telah ditentukan. Pada siklus I, nilai yang diperoleh siswa adalah 45,45% dengan kategori cukup baik, skor aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh presentase 86,6% dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS tipok B Kelas IV SD Inpres Oepoi Tahun Ajaran 2023/2024</p> <p> </p>2024-08-30T21:53:14+00:00Copyright (c) 2024 Mimbar PGSD Flobamorata