https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/issue/feedMimbar PGSD Flobamorata2025-04-25T12:14:49+00:00Ahmad Yanimimbarpgsdfloba@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Mimbar PGSD Flobamorata</strong> is published by the Primary School Teacher Education Study Program (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Kupang. Starting from the 2025 edition, <strong>MPF</strong> will publish four editions per year (January, April, August, and October)</p> <div>This journal contains scientific publication articles based on research results in the field of Basic Education<br><br></div>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2179Analisis Media Sosial Tiktok Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V Di SDN Oesapa Kecil 2, Kota Kupang2025-04-25T12:14:33+00:00Maria Irene Maneknuriyahnur43@gmail.comNuriyahnuriyahnur43@gmail.comFenny Tanalinal Khasnanuriyahnur43@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial Tiktok terhadap pembentukan karakter siswa SDN Oesapa Kecil 2, 2) Untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial tiktok dalam pendidikan siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dampak media sosial tiktok terhadap perilaku siswa lebih banyak terlihat tampak negatifnya seperti siswa kurang belajar, lebih banyak bermain handphone daripada baca buku. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat menghawatirkan bagi masa depan anak Karena dapat merusak moral dan perilaku anak. Maka dari itu diperlukan pengawasan bagi orang tua terhadap anaknya dalam menggunakan media sosial agar karakter dalam diri anak terjaga dalam bermoral, beretika, serta berakhlak mulia.</p>2025-04-24T21:30:07+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2180Penerapan Model Team Assisted Individualized (Tai) Berbantuan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar 2025-04-25T12:14:34+00:00Jeniati Indah Banirizqy.ahmad92@gmail.comJulhidayat Muhsamrizqy.ahmad92@gmail.comRizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmadrizqy.ahmad92@gmail.com<p>Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV b UPTD SDN Naikoten 1 pada mata pelajaran IPAS, dari hasil observasi guru telah menggunakan model pembelajaran yang ada di sekolah tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Bab VII bagaimana mendapatkan semua keperluan kita, materi aku dan kebutuhanku di kelas IVB UPTD SDN Naikoten 1 melalui penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Pada hasil tes siklus I rata-rata perolehan nilai siswa ialah 68%.Pada siklus II nilai rata-rata 93%.Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata KKM 75 > 100 dari jumlah peserta didik 17 orang. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik A aku dan kebutuhanku kelas IV B UPTD SDN Naikoten 1 Tahun ajaran 2023/2024.</p>2025-04-24T21:34:33+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2181Penerapan Model Kooperatif Index Card Match Berbantuan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab 5 Topik B Kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2023/20242025-04-25T12:14:36+00:00Yulianyati Maiatazaqinahahmad79@gmail.comSunimbarzaqinahahmad79@gmail.comZaqinah Ahmadzaqinahahmad79@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran <em>Index Card Mard </em>berbantuan papan pintar pada kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model kooperatif <em>Index Card Match </em>berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari masing-masing siklus. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 64,28% dan terdapat 10 peserta didik yang tuntas dengan presentasi 35,71% , pada siklus ll mengalami peningkatan menjadi 25 siswa yang tuntas dengan presentasi 89,28% dan 3 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 10,71%. Peningkatan juga terjadi pada observasi aktivitas guru, pada siklus l memiliki presentasi 73,3% meningkat menjadi 92% pada siklus ll. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif <em>Index Card Match </em>berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran index card match yang mempunyai konsep mencari pasangan melalui kartu soal dan jawaban membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran ditambah dengan media papan pintar yang memuat informasi-informasi penting terkait materi dapat memudahkan siswa dalam memahami materi.</p>2025-04-24T21:37:36+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2183Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Aspek Kognitif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Peserta Didik Kelas V SD Inpres Nifubuni Kabupaten Timur Tengah Selatan Tahun Ajaran 2023/20242025-04-25T12:14:37+00:00Maria Senolia De Maliadjenawa@gmail.comArifinadjenawa@gmail.comBudi Kurniawanadjenawa@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik pada aspek kognitif dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing pada peseerta didik kelas V SD Inpres Nifubuni. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca peserta didik kelas V SD Inpres Nifubuni setelah menerapkan model pembelajaran Role Playing skor aktivitas guru siklus I mencapai 73,84% dan siklus II mencapai 92,30% pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 69,09% dan siklus II mencapai 89,90%. Adapun nilai hasil kemampuan membaca peserta didik siklus I yang dimana peserta didik yang tuntas 3 orang dengan presentase 73,84% dan peserta didik yang tidak tuntas 9 orang pada pencapaian 72,72%. Sedangkan nilai hasil kemampuan membaca peserta didik pada siklus II dimana peserta didik yang tuntas ada 9 orang dengan pencapaian 81,81% dan tidak tuntas 18,18%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca pada aspek kognitif peserta didik kelas V SD Inpres Nifubuni.</p>2025-04-24T21:43:15+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2184Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Topik C Awas Kita Bisa Di Hukum Dikelas IV SD Gmit No.7 Oebufu Tahun Ajaran 2023/20242025-04-25T12:14:38+00:00Odilia Lurukdianmeilani99@gmail.comDian Meilanidianmeilani99@gmail.comUmmu Fajariyah Akbaridianmeilani99@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Topik C Awas Kita Bisa Dihukum Dikelas IV SD GMIT No.7 Oebufu Tahun Ajaran 2023/2024”. Model dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIT No.7 Oebufu. Analisis Data menggunakan lembar observasi, postest dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum penerapan model pembelajaran Picture and picture, Pada siklus I sebanyak 5(18,5%) peserta didik yang tuntas, 22 (81,4%) peserta didik yamg tidak tuntas. Jumlah dan prestansi tersebut meningkat pada siklus II menjadi 24(88,8%) peserta didik yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model Picture and Picture dapat meningkatkan berpikir kritis siswa topik C awas kita bisa dihukum di SD GMIT No.7 Oebufu.</p>2025-04-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2185Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Siswa Kelas III SDI Oeba 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/20242025-04-25T12:14:39+00:00Sandra Juwita Finit djfelychia@gmail.comBudi Kurniawanbudimpfpgsdumkupang@gmail.comFelitciani Dwi Junitha Sanga Tolandjfelychia@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achivement Division terhadap hasil belajar PPKN peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Pra-Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDI Oeba 2 Kupang yang terdiri dari 25 peserta didik. Sampel penelitian ini, di tentukan dengan teknik Sampling Jenuh, yaitu peserta didik kelas III SDI Oeba 2 yang berjumlah 25 orang peserta didik. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar tema 4 kewajiban dan hakku sub tema 2 kewajiban dan hakku di sekolah mata pelajaran PPKN. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas posttest 67,2 dan pretest 47,91. Hal ini di katakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar PPKN peserta didik sebelum dan sesudah di beri perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) Dengan demikian, model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar PPKN.</p>2025-04-25T11:57:48+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2186Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPAS Tentang Kekayaan Budaya Indonesia di Siswa SD Inpres Oesapa Kecil, Kupang. 2025-04-25T12:14:41+00:00Selvi Elayana Manggoaaimanpgsdumk93@gmail.comUmmu Aimanaimanpgsdumk93@gmail.comAhmad Yaniahmadyanizps@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL (PBL) Siswa Kelas IV UPTD SD Inpres Oesapa Kecil I Kupang.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Inpres Oesapa Kecil I Kupang setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) hasil tes siswa pada siklus I memiliki perolehan nilai ketuntasan 6,23%. Maka peneliti dapat melanjutkan penelitian ini pada siklus II dengan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi siklus II yang sudah dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2024 – 28 Mei 2024 di kelas IV UPTD SD Inpres Oesapa Kecil I Kupang memperoleh nilai rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik sehingga penelitian ini dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan pada siklus II dan penelitian ini berakhir pada siklus II. Maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang dilaksanakan di UPTD SD Inpres Oesapa Kecil I Kupang dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa yang dilihat dari tingkat ketuntasan hasil tes siswa pada siklus I memiliki perolehan nilai 6,23% dan pada siklus II memperoleh nilai 100%. Dengan kriteria ketuntasan yang sangat baik.Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran.</p>2025-04-25T11:58:44+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2187Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Ipas Topik 6 Indonesiaku Kaya Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Karakter Toleransi Siswa Kelas Iv Sdn Oesapa Kecil 2 Tahun Ajaran 2023/20242025-04-25T12:14:44+00:00Yayu R. Tunliuyadin.mpfpgsdumkupang@gmail.comUslanuslan.mpfpgsdumkupang@gmail.comSuryadin Hasydasuryadinhasyda92@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter toleransi siswa topik 6 Indonesiaku kaya budaya kelas IV SDN Oesapa Kecil 2, dengan jumlah siswa 20 orang. Jenis penelitian PTK pelaksanaan penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Oesapa Kecil 2. Teknik penelitian tes pilihan ganda, observasi. Pengumpulan data soal pretes dan postes, lembar observasi. Analisis data, data yang diperoleh, baik data hasil observasi maupun data hasil tes, selanjutnya diolah dan dianalisi menggunakan teknik deskriptif melalui perhitungan persentase. Hasil penelitian adalah pada siklus I nilai persentase hasil belajar sebanyak 71,5% dengan kategori cukup baik, dan persentase karakter toleransi sebanyak 72,9%, dengan kategori cukup baik, maka selanjutnya siklus II mengalami peningkatan yaitu hasil belajar 92,24% maka kategori dinyatakan sangat baik, dan karakter toleransi siswa mengalami peningkatan yaitu 83,7% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter toleransi siswa pada pembelajaran IPAS topik6 Indonesiaku kaya budaya kelas IV SDN Oesapa Kecil2 Tahun Ajaran 2023/2024 sangat meningkat.</p>2025-04-25T11:59:55+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamoratahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/2188Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku Di Sekolah Dasar Negeri Siuf Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2023/20242025-04-25T12:14:47+00:00Yohanes Mario Faotabimnurlailah@gmail.comZainur Wulaabimnurlailah@gmail.comNurlailahabimnurlailah@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada materi tema 7 indahnya keberagaman di negeriku pada Sekolah Dasar Negeri Siuf Kabupaten Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA pada materi Indahnya Keberagaman Di Negeriku di kelas IV SD Negeri Siuf kabupaten Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 10 orang pada SD Negeri Siuf kabupaten Kupang. Terknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Berdasarkan hasil metode pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas tentang penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 7 Indahnya Keragaman Dinegriku disimpulkan bahwa diperoleh dalam penelitian sebagai berikut: pembelajran dengan penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 7 Indahnya Keragaman Dinegriku peserta didk kelas IV SDN Siuf dengan materi Indahnya Keragaman Dinegriku hal ini ditunjukan pada hasil evaluasi yang telah dilaksanakan terhadap peningkatan hasil belajar yakni pada siklus I ketuntasan yang diperoleh 40% peserta didik yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik, hal ditunjukan dengan meningkatnya nilai ketuntasan yang diperoleh peserta didik menjadi 100%. Pembelajaran dengan menerapkan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan minat, semangat, kemampuan, prestasi dan juga keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.</p>2025-04-25T12:00:53+00:00Copyright (c) 2025 Mimbar PGSD Flobamorata