Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (a) sejauh mana pengaruh gaya hidup hedonisme di kalangan pelajar terhadap prestasi belajar siswa/siswi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kupang, (b) faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup hedonisme di kalangan pelajar terhadap prestasi belajar siswa/siswi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik eksplanatori kausal. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat prestasi belajar dan variabel independen adalah gaya hidup hedonisme. Besar sampel sebanyak 16 sampel, kemudian dilakukan wawancara dan pengisian kuesioner oleh siswa/siswi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Negeri Kupang. Analisis data yang dilakukan dengan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian dengan uji chi-square menunjukkan  nilai thitung < ttabel atau nilai thitung sebesar 2,373 > ttabel 2,145 sehingga adanya pengaruh yang signifikan dari gaya hidup hedonisme terhadap prestasi belajar siswa/siswi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kupang. Adapun gaya hidup hedonisme dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eskternal. Diharapkan siswa sebaiknya dapat menyikapi dengan bijak sehingga tidak mengakibatkan dampak negatif yang terlalu berlebihan dari gaya hidup hedonisme tersebut.

Keywords

Gaya hidup, Hedonisme, Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Ratuloli, L. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME DI KALANGAN PELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA KUPANG. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, 60-75. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1335

References

  1. Jæger, M. M. (2011). Does Cultural Capital Really Affect Academic Achievement? New Evidence from Combined Sibling and Panel Data: Sociology of Education, 84(4), 281–298. https://doi.org/10.1177/0038040711417010
  2. Julyyanti, Y., Yusuf, N. W., Saldika, S. D., Syahrul, & Ramlah, S. (2022). Dilema Usaha Rasional Orangtua dalam Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan pada Anak di Nusa Tenggara Timur. Journal on Teacher Education, 4(1), 555–563. https://doi.org/10.31004/JOTE.V4I1.5842
  3. Mandut, L. A., Syahrul, Beni, W. H. T., & Arifin. (2021). Tradisi Wuat Wai (Bekal Perjalanan) sebelum Melanjutkan Pendidikan di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 57. https://doi.org/10.32884/IDEAS.V7I2.340
  4. Nomleni, R. (2023). The Correlation of Social Environment Toward Children’s Learning Achievement at SMA PGRI Kupang. SocioEdu: Sociological Education, 4(1), 16–20. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I1.871
  5. Pane, M. M., & Patriana, R. (2016). The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 222, 244–252. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2016.05.153
  6. Pilkington, A. (2010). Racism in Schools and Ethnic Differentials in Educational Achievement: A brief comment on a recent debate. British Journal of Sociology of Education, 20(3), 411–417. https://doi.org/10.1080/01425699995344
  7. Roumbanis, L. (2019). Symbolic Violence in Academic Life: A Study on How Junior Scholars are Educated in the Art of Getting Funded. Minerva, 57(2), 197–218. https://doi.org/10.1007/S11024-018-9364-2/METRICS
  8. Sabang, J., & Idris. (2022a). Students’ Lifestyle Change in the Industrial Revolution 4.0 at SMA Negeri 5 Kupang. SocioEdu: Sociological Education, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V3I1.649
  9. Sabang, J., & Idris. (2022b). Students’ Lifestyle Change in the Industrial Revolution 4.0 at SMA Negeri 5 Kupang. SocioEdu: Sociological Education , 3(1), 25–32. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V3I1.649
  10. Samuel, R., & Burger, K. (2019). Negative life events, self-efficacy, and social support: Risk and protective factors for school dropout intentions and dropout. Journal of Educational Psychology, 112(5), 973. https://doi.org/10.1037/EDU0000406
  11. Syahrul, Arifin, & Datuk, A. (2021). The dilemma of Timorese education in the COVID-19 pandemic. Educational Innovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities, 151–156. https://doi.org/10.1201/9781003206019-28
  12. Syahrul, & Kibtiyah, M. (2020). Problematika Pendidikan Anak Jalanan : (Studi Anak Penjual Koran di Kota Kupang). Jurnal Basicedu, 4(4), 1336–1349. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.531
  13. Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731