Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI SMA SwastaPGRI Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dimaksud kan untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 orang siswa dengan perincian 4 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitianini di lakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model pemebelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Swasta PGRI Kupang, hal ini dapat diketahui pada Siklus I pertemuan I sebesar 50% dengan kategori Sedang,  pada pertemuan ke 2 menjadi 60% dengan kategori Sedang, dan siklus II pertuman I sebesar 70% dengan kategori Cukup Baik, dan meningkat pada pertemuan 2 dengan presentase sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik.

Keywords

Discovery Learning, Hasil belajar, Sosiologi

Article Details

How to Cite
Lakafing, J. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA PGRI KUPANG. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, 88-101. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1337

References

  1. Adur, K. (2022). Knowing Critical Thinking in Two Stray Learning Model. SocioEdu: Sociological Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V3I1.642
  2. Anonim. (2014). Undang-undang RI no. 20 Tahun 2003, Tentang Pendidikan.
  3. Anggraini, G., & Asrin, A. (2021). Development of Interactive Learning Media to Improve Learning Local Script in Sumbawa. SocioEdu: Sociological Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V2I1.303
  4. Eglitis, D. S., Buntman, F. L., & Alexander, D. V. (2016). Social Issues and Problem-based Learning in Sociology. Teaching Sociology, 44(3), 212–220. https://doi.org/10.1177/0092055X16643572
  5. Forsey, M. (2014). Learning to Stay? Mobile Modernity and the Sociology of Choice. Mobilities, 10(5), 764–783. https://doi.org/10.1080/17450101.2014.927202
  6. García-Carrión, R., López de Aguileta, G., Padrós, M., & Ramis-Salas, M. (2020). Implications for Social Impact of Dialogic Teaching and Learning. Frontiers in Psychology, 11, 140. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2020.00140/BIBTEX
  7. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  8. Luna, Y. M., & Winters, S. A. (2017). “Why Did You Blend My Learning?” A Comparison of Student Success in Lecture and Blended Learning Introduction to Sociology Courses. Teaching Sociology, 45(2), 116–130. https://doi.org/10.1177/0092055X16685373
  9. Mangmani, P. (2022). Implementation of Multicultural-Based Learning at SMA Negeri 8 Kupang. SocioEdu: Sociological Education, 3(2), 20–25. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V3I2.709
  10. Maswi, R. Z., Syahrul, & Datuk, A. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bahri Ternate Kabupaten Alor. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2395–2402. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2459
  11. Molina, M., & Garip, F. (2019). Machine Learning for Sociology. Annual Review of Sociology, 45, 27–45. https://doi.org/10.1146/ANNUREV-SOC-073117-041106
  12. Nahak, Y. M. (2022). The Effect of Online Learning (WhatsApp) And Students Independent on the Learning Outcome of Sociology at SMAN 1 Kupang. SocioEdu: Sociological Education, 3(1), 6–11. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V3I1.646
  13. Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belaja.
  14. Sastri, A. (2021). Learning Dynamics of Sociology in Senior High School Through Jigsaw Cooperative Learning. SocioEdu: Sociological Education, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V2I1.234
  15. Scheel, E. D. (2002). Using Active Learning Projects to Teach Research Skills Throughout the Sociology Curriculum. Sociological Practice A Journal of Clinical and Applied Sociology, 4(2), 145–170. Retrieved from http://www.springerlink.com/content/d6haaj7ee49q0wwr
  16. Syahrul. (2021). Integrating Pluralism and Multicultural Education to Prevent Radicalism at Universitas Muhammadiyah Kupang. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V16I1.8285
  17. Syahrul, Arifin, & Datuk, A. (2021). The dilemma of Timorese education in the COVID-19 pandemic. Educational Innovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities, 151–156. https://doi.org/10.1201/9781003206019-28
  18. Syahrul, & Datuk, A. (2020). Social Behavior of The Children of Newspaper Sellers in Kupang City to Defend Existential at School. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(2), 180–194. https://doi.org/10.19105/NUANSA.V17I2.3299
  19. Syahrul, S., Yusuf, N. W., Julyyanti, Y., Nautu, A. K., & Arifin. (2023). Pembelajaran Sosiologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.21067/JPPI.V17I2.7462
  20. Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inofatif progresif. Kencana perdana media grup: Surabaya.
  21. Tabun, Marthen. (2021). Model pembelajaran Discovery Learning melalui tanya jawab, diskusi kelompok dan penugasan dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi materi pembelajaran kelompok sosial ‘di kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan.vol.6. No (1). Hal 8-13.
  22. Vergés Bosch, N., Freude, L., & Camps Calvet, C. (2021). Service Learning with a Gender Perspective: Reconnecting Service Learning with Feminist Research and Pedagogy in Sociology. Teaching Sociology, 49(2), 136–149. https://doi.org/10.1177/0092055X21993465
  23. Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731