Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan mendalami peran kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri Weluli, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri Weluli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data  yaitu, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diantaranya, tahap pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kepala sekolah di SMA Negeri Weluli sudah melaksanakan perannya dengan baik, (2) Peran kepala sekolah di SMA Negeri weluli dalam membentuk karakter siswa sudah bagus, yaitu dengan mendisiplinkan dirinya sendiri, yaitu dari keteladanan kepala sekolah, seperti arahan dari kepala sekolah dan pembinaan yang dijalankan kepala sekolah terhadap guru dan peserta didik. (3) faktor pendukung peran kepala sekolah di SMA Negeri Weluli adalah adanya pengontrolan atau pengawasan dari semua guru dan orang tua, adanya dukungan dari masyarakat sekitar sekolah, dan adanya kesadaran dari siswa itu sendiri, sedangkan faktor faktor penghambat peran kepala sekolah adalah kurangnya pengawasan dari guru dan orang tua.

Keywords

Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter

Article Details

How to Cite
Leon, I. I. M. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI WELULI KABUPATEN BELU. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, 130-140. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1343

References

  1. Allen, K., & Bull, A. (2018). Following Policy: A Network Ethnography of the UK Character Education Policy Community. Sociological Research Online, 23(2), 438–458. https://doi.org/10.1177/1360780418769678
  2. Baehr, J. (2017). The Varieties of Character and Some Implications for Character Education. Journal of Youth and Adolescence, 46(6), 1153–1161. https://doi.org/10.1007/S10964-017-0654-Z/METRICS
  3. Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529
  4. Efendi, M. Y., & Lien, H. N. (2021). Implementation of Multicultural Education Cooperative Learning to Develop Character, Nationalism and Religious. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education, 4(1), 20–38. https://doi.org/10.33578/JTLEE.V4I1.7817
  5. Imul, V. (2023). SCHOOL CULTURE IN BUILDING CHARACTER AT SMA NEGERI 5 KUPANG. SocioEdu: Sociological Education , 4(2), 42–47. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I2.1060
  6. Klaran, H. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Duakoran dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN Raimanuk East Nusa Tenggara. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.938
  7. Malaifani, A. (2023). Analisis Krisis Pendidikan Karakter Remaja pada Era Globalisasi di Desa Mataru Barat, Nusa Tenggara Timur. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 65–71. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.936
  8. Maswi, R. Z., Syahrul, & Datuk, A. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bahri Ternate Kabupaten Alor. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2395–2402. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2459
  9. McGrath, R. E., Han, H., Brown, M., & Meindl, P. (2021). What does character education mean to character education experts? A prototype analysis of expert opinions. Journal of Moral Education, 51(2), 219–237. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1862073
  10. Muhtar, T., & Dallyono, R. (2020a). Character Education from the Perspectives of Elementary School Physical Education Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647
  11. Muhtar, T., & Dallyono, R. (2020b). Character Education from the Perspectives of Elementary School Physical Education Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647
  12. Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An Academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1). https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2016-1-2
  13. Peterson, A. (2019). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
  14. Qoyyimah, U. (2016). Inculcating character education through EFL teaching in Indonesian state schools. Pedagogies: An International Journal, 11(2), 109–126. https://doi.org/10.1080/1554480X.2016.1165618
  15. Syahrul. (2018). Kritik Ideologi Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Demokrasi di Indonesia. Pembelajaran Berkarakter Berwawasan Global, 0(0), 58–67. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Retrieved from https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/158
  16. Syahrul, Arifin, & Datuk, A. (2021). The dilemma of Timorese education in the COVID-19 pandemic. Educational Innovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities, 151–156. https://doi.org/10.1201/9781003206019-28
  17. Syahrul, & Datuk, A. (2020). Social Behavior of The Children of Newspaper Sellers in Kupang City to Defend Existential at School. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(2), 180–194. https://doi.org/10.19105/NUANSA.V17I2.3299
  18. Syahrul, S., Yusuf, N. W., Julyyanti, Y., Nautu, A. K., & Arifin. (2023). Pembelajaran Sosiologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.21067/JPPI.V17I2.7462
  19. Syahrul, & Wardana, A. (2017). Analisis kebijakan pendidikan untuk anak jalanan di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.21831/HSJPI.V4I2.10388
  20. Walker, D. I., Roberts, M. P., & Kristjánsson, K. (2014). Towards a new era of character education in theory and in practice. Educational Review, 67(1), 79–96. https://doi.org/10.1080/00131911.2013.827631
  21. Watson, L. (2019). Educating for inquisitiveness: A case against exemplarism for intellectual character education. Journal of Moral Education, 48(3), 303–315. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1589436
  22. Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731