Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi kepala sekolah dalam mengembangkan Pendidikan karakter (2) faktor yang menghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan Pendidikan karakter di MAN 2 Alor. Jenis penelitian mengunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, gurudan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) strategi kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakteryaitu: pengelolaan sumber daya manusia, menyusun peraturan sekolah, berkolaborasi dengan wali murid, pengembangan kurikulum, dan pengembangan ekstrakulikuler. (2) faktor yang menghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan Pendidikan karakter yaitu: tingkat kedisiplinan guru yang masih kurang dan rendahnya tingkat kesadaran para guru dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah sudah melaksanakan tugasnya namun pada pelaksanaannya belum maksimal.
Keywords
Article Details
References
- Allen, K., & Bull, A. (2018). Following Policy: A Network Ethnography of the UK Character Education Policy Community. Sociological Research Online, 23(2), 438–458. https://doi.org/10.1177/1360780418769678
- Aedi, Nur. (2016). Manajemen pendidikan & Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
- Arikunto, Suharsimi. (2020). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara.
- Banele, S. D. (2023). THE STUDENTS COGNITIVE DISCREPANCIES IN ARTIFICIAL INTELLIGENCES UTILIZATION: A CASE OF HIGHER LEARNING INSTITUTIONS. SocioEdu: Sociological Education , 4(2), 53–61. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I2.1203
- Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529
- Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/J.SSAHO.2021.100171
- Djehalut, N. S., Kiko, B., Nurdin, & Syahrul. (2022). Peran Ibu Rumah Tangga sebagai Pendamping Belajar Anak di Masa Pandemik Covid 19 di Kota Kupang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1013–1020. https://doi.org/10.32884/IDEAS.V8I3.936
- Hakim, Lukman. 2019. Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima.
- Harmalik, O. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
- Imul, V. (2023). SCHOOL CULTURE IN BUILDING CHARACTER AT SMA NEGERI 5 KUPANG. SocioEdu: Sociological Education , 4(2), 42–47. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I2.1060
- Iraji, B., & Far, H. R. (2023). THE EFFECTS OF ŽIŽEKIAN READING OF VIOLENCE IN SHAKESPEARE’S HAMLET ON READERS. SocioEdu: Sociological Education , 4(2), 32–41. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I2.1170
- Julyyanti, Y., Yusuf, N. W., Saldika, S. D., Syahrul, & Ramlah, S. (2022). Dilema Usaha Rasional Orangtua dalam Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan pada Anak di Nusa Tenggara Timur. Journal on Teacher Education, 4(1), 555–563. https://doi.org/10.31004/JOTE.V4I1.5842
- Lestari, 2016. Asuhan Keperawatan Anak. Yogyakarta, Nuha Medika.
- Malaifani, A. (2023). Analisis Krisis Pendidikan Karakter Remaja pada Era Globalisasi di Desa Mataru Barat, Nusa Tenggara Timur. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 65–71. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.936
- Mardon, A., & Ahmed, R. (2023). THE EDUCATION GAP IN INDIGENOUS COMMUNITIES: CANADA’S REALITY. SocioEdu: Sociological Education, 4(2), 48–52. https://doi.org/10.59098/socioedu.v4i2.1181
- McGrath, R. E., Han, H., Brown, M., & Meindl, P. (2021). What does character education mean to character education experts? A prototype analysis of expert opinions. Journal of Moral Education, 51(2), 219–237. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1862073
- Muhtar, T., & Dallyono, R. (2020). Character Education from the Perspectives of Elementary School Physical Education Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647
- Moleong, (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Nurhuda, achmad. (2021). Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran
- Qoyyimah, U. (2016). Inculcating character education through EFL teaching in Indonesian state schools. Pedagogies: An International Journal, 11(2), 109–126. https://doi.org/10.1080/1554480X.2016.1165618
- Senge, W. (2023). Pemanfaatan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Anak di Kabupaten Kupang. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.942
- Suparman. (2021). The Role-Play for Child Care in Familial Entrepreneur in Enrekang Regency. SocioEdu: Sociological Education, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V2I2.483
- Syahrul. (2019). Internalisasi Pendidikan Multikultural dan Inklusif pada Anak Pengungsi Internasional di Kota Makassar. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(3), 25–34. https://doi.org/10.24269/JPK.V4.N3.2019.PP25-34
- Syahrul, S., Datuk, A., & Bora, E. (2020). Tingkat Pendidikan Sebagai Penentu Takaran Belis pada Gadis Sumba. Al-Maiyyah: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 13(2), 120–135. https://doi.org/10.35905/AL-MAIYYAH.V13I2.721
- Syahrul, S., Yusuf, N. W., Julyyanti, Y., Nautu, A. K., & Arifin. (2023). Pembelajaran Sosiologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.21067/JPPI.V17I2.7462
- Syahrul, Zahrawati, F., & Nursaptini. (2023). Division of Labour in Coastal Community: The Equity of Role-Play Between Bugis Women and Men in Kupang. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 15(2), 255–274. https://doi.org/10.21043/PALASTREN.V15I2.11837
- Salahudin. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Surakarta : PT, Pustaka Setia.
- Watson, L. (2019). Educating for inquisitiveness: A case against exemplarism for intellectual character education. Journal of Moral Education, 48(3), 303–315. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1589436
- Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731
- Zulfiati, N., H, C. Z dan Niswanto, N. (2021). Kontribusi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah di MAN Negeri 1 Meulaboh. Visipene, 12(1), 98-110.