Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran  pandai besi dalam  mendukung pendidikan anak ke tingkat perguruan tinggi (2) faktor-faktor yang menghambat peran pandai besi dalam mendukung pendidikan anak  ke tingkat perguruan tinggi di Desa Mehona Kecamatan Sabu Liae Kabupaten Sabu Raijua. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala desa, orang tua dan anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan . Pertama Peran Pandai Besi Dalam menyekolahkan anaknya ke tingkat perguruan Tinggi Di Desa Mehona  Kecamatan Sabu Liae Kabupaten Sabu Raijua adalah  (1) Peran Orang Tua Sebagai Pendidik adalah orang tua mendidik anak dengan mengajak anak  agar giat dalam belajar, selalu ingat  berdoa (2) peran orang tua sebagai fasilitator adalah sebagai orang tua memeberikan fasilitas berupa uang SPB. ( 3) Peran orang tua sebagai pembimbing adalah membantu anak ketika mengalami kesulitan, dan mengajarkan anak untuk berperilaku yang baik. Kedua faktor- faktor yang menghambat peran orang tua dalam menyekolahkan anaknya ke tingkat keperguruan tinggi adalah (1) tingkat status sosial ekonomi orang tua menyebabkan anak-anak tidak melanjutkan pendidikan ke tingakat perguruan tinggi, (2) faktor lingkungan sosial (3) tidak adanya kemauan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Keywords

Peran Pandai Besi, Perguruan Tinggi

Article Details

How to Cite
Manu, I., & Atang, A. (2023). PERAN PANDAI BESI DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN ANAK DI PERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN SABU. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, 193-205. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1347

References

  1. Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
  2. Akbar, M Ari. (2015). Peran orang tua terhadap pendidikan anak (Studi Empiris pada komunitas pedagang kaki lima di Alun-alun Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal).
  3. Banele, S. D. (2023). THE STUDENTS COGNITIVE DISCREPANCIES IN ARTIFICIAL INTELLIGENCES UTILIZATION: A CASE OF HIGHER LEARNING INSTITUTIONS. SocioEdu: Sociological Education , 4(2), 53–61. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I2.1203
  4. Dewi, Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.
  5. Djehalut, N. S., Kiko, B., Nurdin, & Syahrul. (2022). Peran Ibu Rumah Tangga sebagai Pendamping Belajar Anak di Masa Pandemik Covid 19 di Kota Kupang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1013–1020. https://doi.org/10.32884/IDEAS.V8I3.936
  6. Fitrianita. (2014). Partisipasi Orang Tua Dalam Melanjutkan Pendidikan Anak Ke Perguruan Tinggi Di Desa Bone Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi. UMM.
  7. Gerungan. (2004). Pisikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.
  8. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  9. Hasbullah. (2011). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo persada.
  10. Julyyanti, Y., Yusuf, N. W., Saldika, S. D., Syahrul, & Ramlah, S. (2022). Dilema Usaha Rasional Orangtua dalam Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan pada Anak di Nusa Tenggara Timur. Journal on Teacher Education, 4(1), 555–563. https://doi.org/10.31004/JOTE.V4I1.5842
  11. Mandut, L. A., Syahrul, Beni, W. H. T., & Arifin. (2021). Tradisi Wuat Wai (Bekal Perjalanan) sebelum Melanjutkan Pendidikan di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 57. https://doi.org/10.32884/IDEAS.V7I2.340
  12. Maswi, R. Z., Syahrul, & Datuk, A. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bahri Ternate Kabupaten Alor. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2395–2402. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2459
  13. Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
  14. Syahrul. (2019). Internalisasi Pendidikan Multikultural dan Inklusif pada Anak Pengungsi Internasional di Kota Makassar. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(3), 25–34. https://doi.org/10.24269/JPK.V4.N3.2019.PP25-34
  15. Syahrul, Arifin, & Datuk, A. (2021). The dilemma of Timorese education in the COVID-19 pandemic. Educational Innovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities, 151–156. https://doi.org/10.1201/9781003206019-28
  16. Syahrul, & Datuk, A. (2020). Social Behavior of The Children of Newspaper Sellers in Kupang City to Defend Existential at School. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(2), 180–194. https://doi.org/10.19105/NUANSA.V17I2.3299
  17. Syahrul, & Kibtiyah, M. (2020). Problematika Pendidikan Anak Jalanan : (Studi Anak Penjual Koran di Kota Kupang). Jurnal Basicedu, 4(4), 1336–1349. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.531
  18. Syahrul, S., Yusuf, N. W., Julyyanti, Y., Nautu, A. K., & Arifin. (2023). Pembelajaran Sosiologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.21067/JPPI.V17I2.7462
  19. Syahrul, & Wardana, A. (2017). Analisis kebijakan pendidikan untuk anak jalanan di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.21831/HSJPI.V4I2.10388
  20. Syahrul, Zahrawati, F., & Nursaptini. (2023). Division of Labour in Coastal Community: The Equity of Role-Play Between Bugis Women and Men in Kupang. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 15(2), 255–274. https://doi.org/10.21043/PALASTREN.V15I2.11837
  21. Silviyana, M. (2021). Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Biting (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
  22. Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
  23. Winarni, E. W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
  24. Tefa, A. P. (2023). Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Oinlasi Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.937
  25. Uwumborlame Bunbun, D., Owusu, T. A., & Asare3, D. A. (2023). CLASSROOM ENVIRONMENT SUPPORT OF COMMUNICATION FOR DEAF STUDENTS. SocioEdu: Sociological Education , 4(2), 27–31. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I2.1176
  26. Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731