Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengamati penguatan keterampilan mengajar guru, memberi penguatan meliputi upaya meningkatkan ketrampilan mengajar guru, di SMA Swasta PGRI Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.  Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sosiologi kelas XII IPS. Informan dalam penelitian ini adalah guru sosiologi dan perwakilan siswa kelas XII IPS. Objek penelitian ini berupa keterampilan memberi penguatan. Setting penelitian mengambil tempat di kelas XII IPS Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan bahwa usaha guru sosiologi dalam upaya meningkatkan ketrampilan mengajar di kelas. Keterampilan memberi penguatan dalam pembelajaran yang mencangkup penguatan verbal dan penguatan non-verbal.  Penguatan verbal diterapkan dengan memberikan pujian dengan kata-kata dan kalimat. Penerapan penguatan non-verbal dilakukan gerakan mimik dan gerakan badan.

Keywords

Penguatan, Keterampilan, Strategi, Peningkatan Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Lakafing, H. (2023). PENGUATAN KETRAMPILAN MENGAJAR DALAM UPAYA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA SWASTA PGRI KUPANG. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, 182-192. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1348

References

  1. Balawala, P. G., & Idris. (2021). The Meaning of Sociologiy Learning with A Two Stray Type Cooperative Model. SocioEdu: Sociological Education , 2(2), 7–12. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V2I2.484
  2. Barnawi & Arifin Mohammad. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta Ar-Ruzz
  3. Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/J.SSAHO.2021.100171
  4. Doherty, C., Dooley, K., & Woods, A. (2013). Teaching sociology within teacher education: Revisiting, realigning and re-embedding. Journal of Sociology, 49(4), 515–530. https://doi.org/10.1177/1440783313504062
  5. Downey, D. J., O’Connor, L. T., Abell, L., Armanino, D., Jepson, M., Kadakal, R., Nam, S., Sánchez, L., & Sowers, E. (2019). Navigating the Process of Curriculum Redesign in Sociology: Challenges and Lessons from One Program. Teaching Sociology, 47(2), 87–101. https://doi.org/10.1177/0092055X19831329
  6. Ferreira, C. M., & Serpa, S. (2017). Challenges in the Teaching of Sociology in Higher Education. Contributions to a Discussion. Societies, 7(4), 30. https://doi.org/10.3390/SOC7040030
  7. García-Carrión, R., López de Aguileta, G., Padrós, M., & Ramis-Salas, M. (2020). Implications for Social Impact of Dialogic Teaching and Learning. Frontiers in Psychology, 11, 140. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2020.00140/BIBTEX
  8. Harley, K., & Natalier, K. (2013). Teaching sociology - reflections on the discipline. Journal of Sociology, 49(4), 389–396. https://doi.org/10.1177/1440783313504049
  9. Jihad Asep & Haris Abdul,(2012), Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressin.
  10. Klaran, H. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Duakoran dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN Raimanuk East Nusa Tenggara. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.938
  11. Maswi, R. Z., Syahrul, & Datuk, A. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bahri Ternate Kabupaten Alor. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2395–2402. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2459
  12. Nnebedum, C. (2019). The Value of Integrating 21st Century Skills into the Enterprise of Teaching Sociology. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 8(1), 37. https://doi.org/10.2478/ajis-2019-0003
  13. Raden, A., & Nurdin. (2021). Dimensions of Application of Cooperative Script Method in Sociology Learning. SocioEdu: Sociological Education, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V2I2.485
  14. Simanjuntak, S. A., & Lien, H.-N. (2021). Controversies and Possibilities of Teaching and Learning EIL Approach: A Case Study in Indonesia. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 7(1), 5–17. https://doi.org/10.18178/ijlll.2021.7.1.279
  15. Syahrul, Arifin, & Datuk, A. (2021). The dilemma of Timorese education in the COVID-19 pandemic. Educational Innovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities, 151–156. https://doi.org/10.1201/9781003206019-28
  16. Syahrul, S., Yusuf, N. W., Julyyanti, Y., Nautu, A. K., & Arifin. (2023). Pembelajaran Sosiologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.21067/JPPI.V17I2.7462
  17. Syahrul, Zahrawati, F., & Nursaptini. (2023). Division of Labour in Coastal Community: The Equity of Role-Play Between Bugis Women and Men in Kupang. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 15(2), 255–274. https://doi.org/10.21043/PALASTREN.V15I2.11837
  18. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
  19. Tomlinson, M., Enders, J., & Naidoo, R. (2018). The Teaching Excellence Framework: symbolic violence and the measured market in higher education. Critical Studies in Education, 61(5), 627–642. https://doi.org/10.1080/17508487.2018.1553793
  20. Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731