Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan pra siklus, siklus1 dan siklus 2 dan setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai dari pra siklus dengan rata-rata 52,2 . dan hasil observasi siswa pada siklus 1 pertemuan pertama dengan rata-rata 50,75 dengan kategori kurang aktif dan pertemuan kedua dengan rata-rata 58,00 kategori kurang aktif, hasil belajar siswa siklus 1 dengan rata-rata 63,6 dengan kategori cukup baik. Sementara hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 2 pertemuan pertama dengan rata-rata 87,00 dan pertemuan kedua siklus 2 dengan rata-rata 93,25 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa siklus 2 dengan rata-rata 91,86 dengan kategori sangat baik. Hasil ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang di tetapkan peneliti di atas KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA Muhammadiyah Kupang melalui model pembelajaran Problem based learning terbilang telah mencapai kriteria keberhasilan yang di tetapkan penelitian itu 80% diatas KKM 75.
Keywords
Article Details
References
- Akoit, B. J., & Ihsanuddin. (2023). Teacher’s Strategy in Integrating Cultural Values in Sociology Learning at SMA Negeri 6 Kupang. SocioEdu: Sociological Education, 4(1), 6–10. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I1.870
- Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765
- Arikunto, dkk. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi aksara.
- Desriyanti, R & Lazulva. (2016). Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 1(2), 70-78.
- Eglitis, D. S., Buntman, F. L., & Alexander, D. V. (2016). Social Issues and Problem-based Learning in Sociology. Teaching Sociology, 44(3), 212–220. https://doi.org/10.1177/0092055X16643572
- Fahlberg, A. (2023). Decolonizing Sociology Through Collaboration, Co-Learning and Action: A Case for Participatory Action Research1. Sociological Forum, 38(1), 95–120. https://doi.org/10.1111/SOCF.12867
- Julyyanti, Y., Yusuf, N. W., Saldika, S. D., Syahrul, & Ramlah, S. (2022). Dilema Usaha Rasional Orangtua dalam Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan pada Anak di Nusa Tenggara Timur. Journal on Teacher Education, 4(1), 555–563. https://doi.org/10.31004/JOTE.V4I1.5842
- Luna, Y. M., & Winters, S. A. (2017). “Why Did You Blend My Learning?†A Comparison of Student Success in Lecture and Blended Learning Introduction to Sociology Courses. Teaching Sociology, 45(2), 116–130. https://doi.org/10.1177/0092055X16685373
- Mangmani, P. (2022). Implementation of Multicultural-Based Learning at SMA Negeri 8 Kupang. SocioEdu: Sociological Education, 3(2), 20–25. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V3I2.709
- Maswi, R. Z., Syahrul, & Datuk, A. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bahri Ternate Kabupaten Alor. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2395–2402. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2459
- Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK). https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
- Rahmawati, & Imrayani. (2023). The Role of Sociology Teacher in Overcoming Students’ Learning Difficulties at SMA Negeri 2 Sambi Rampa. SocioEdu: Sociological Education, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V4I1.873
- Sastri, A. (2021). Learning Dynamics of Sociology in Senior High School Through Jigsaw Cooperative Learning. SocioEdu: Sociological Education, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V2I1.234
- Sorokin, P. (2017). Vision and Mission of Sociology: Learning from the Russian Historical Experience. American Sociologist, 48(2), 135–171. https://doi.org/10.1007/S12108-016-9303-3/METRICS
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Susiloningrum, S., Thowaf, S. M., & Sudarmiatin, S. (2017). Pembelajaran Ips Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
- Syahrul. (2019). Internalisasi Pendidikan Multikultural dan Inklusif pada Anak Pengungsi Internasional di Kota Makassar. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(3), 25–34. https://doi.org/10.24269/JPK.V4.N3.2019.PP25-34
- Syahrul, Arifin, Datuk, A., Almu, F. F., & Ramlah, ST. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Literasi Kearifan Lokal di Mas Al-Hikmah Soe Nusa Tenggara Timur. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 371–379. https://doi.org/10.21067/JPM.V4I2.3628
- Syahrul, S., Yusuf, N. W., Julyyanti, Y., Nautu, A. K., & Arifin. (2023). Pembelajaran Sosiologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.21067/JPPI.V17I2.7462
- Syahrul, Zahrawati, F., & Nursaptini. (2023). Division of Labour in Coastal Community: The Equity of Role-Play Between Bugis Women and Men in Kupang. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 15(2), 255–274. https://doi.org/10.21043/PALASTREN.V15I2.11837
- Utami, D. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1). https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.461.
- Vergés Bosch, N., Freude, L., & Camps Calvet, C. (2021). Service Learning with a Gender Perspective: Reconnecting Service Learning with Feminist Research and Pedagogy in Sociology. Teaching Sociology, 49(2), 136–149. https://doi.org/10.1177/0092055X21993465
- Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731