Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran (IPMAL) dalam mengedukasi masyarakat di Desa Lamahala Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur, dan mengetahui apa Peran Organisasi (IPMAL)  memberikan edukasi terhadap masyarakat di Desa Lamahala. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah masyarakat desa Lamahala dan pemuda organisasi (IPMAL)  atau Ikatan Pelajar Mahasiswa Lamahala. Selain itu, teknik pengumpulan data, yaitu observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data, display data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini membuktikan IPMAL Kupang sudah melaksanakan sesuai dengan program kerja pengabdian masyarakat yaitu Bakti sosial dan memberi bantuan kepada masyarakat yang dibuatkan dalam kehidupan sosial  (PPM). IPMAL Kupang sudah berperan mengadakan berbagai kegiatan sosial yaitu memberikan aspek sosial, sosalisasi pendidikan, mengadakan kegiatan tentang berbagai aspek pembangunan daerah, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan potensi desa

Keywords

Peran IPMAL, Kemajuan Masyaraka

Article Details

How to Cite
Datuk, A., & Muda, D. (2023). PERAN IPMAL KUPANG DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT DI DESA LAMAHALA KABUPATAN FLORES TIMUR. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, 233-239. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1361

References

  1. Anin, P. (2023). Dampak Remaja Putus Sekolah terhadap Masyarakat di Desa Tunbes Nusa Tenggara Timur. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.944
  2. Abi, Anggito & Johan, Setiawan, 2018. Peran Organisasi Kemahasiswan Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa ,Jurnal lPendidikan Isalam 17Volum Nomor 2, September 2020.
  3. Bagoe, 2013, Pisikologi Pendidikan Yogyakarta: Pusat Belajar, 2012, Hal. 3-4 Jurnal Literasologi Vol, 5 No. 2, Januari-Juni 2021.
  4. Cahyono, H, 2019. Peran Organisasi Kemahasiswan Dalam Pembetukan Kerakter Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Islam 17 | Vol 12, No. 2, September
  5. Hendra, Dedi Kuswanto, dkk 2021. Peran mahasisa dalam mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga lingkungan dan gaya hidup sehat selama pandemi covid-19. Journal of nonformal education an d community empowerment. 5(2). 179-184. https://id.wikipedia.org/wiki/Lamahala_Jaya,_Adonara_Timur, _Flores_Timur
  6. Julyyanti, Y., Yusuf, N. W., Saldika, S. D., Syahrul, & Ramlah, S. (2022). Dilema Usaha Rasional Orangtua dalam Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan pada Anak di Nusa Tenggara Timur. Journal on Teacher Education, 4(1), 555–563. https://doi.org/10.31004/JOTE.V4I1.5842
  7. Lansford, J. E., Dodge, K. A., Pettit, G. S., & Bates, J. E. (2016). A Public Health Perspective on School Dropout and Adult Outcomes: A Prospective Study of Risk and Protective Factors From Age 5 to 27 Years. Journal of Adolescent Health, 58(6), 652–658. https://doi.org/10.1016/J.JADOHEALTH.2016.01.014
  8. Mawar, R. (2021). Problematic of Children Dropped Out of School in Duwanur Village, East Flores. SocioEdu: Sociological Education, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.59098/SOCIOEDU.V2I1.396
  9. Sugiyono, 2016, Teknik Pengambilan Data Dengan Cara Face To Face Atau Orang Perorang Dengan Mengajukan Pertanyaan Kepada Informan.
  10. Syahrul. (2021). Integrating Pluralism and Multicultural Education to Prevent Radicalism at Universitas Muhammadiyah Kupang. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V16I1.8285
  11. Syahrul, Arifin, Datuk, A., Almu, F. F., & Ramlah, ST. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Literasi Kearifan Lokal di Mas Al-Hikmah Soe Nusa Tenggara Timur. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 371–379. https://doi.org/10.21067/JPM.V4I2.3628
  12. Syahrul, S., Yusuf, N. W., Julyyanti, Y., Nautu, A. K., & Arifin. (2023). Pembelajaran Sosiologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 136–143. https://doi.org/10.21067/JPPI.V17I2.7462
  13. Syahrul, & Wardana, A. (2017). Analisis kebijakan pendidikan untuk anak jalanan di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.21831/HSJPI.V4I2.10388
  14. Syahrul, Zahrawati, F., & Nursaptini. (2023). Division of Labour in Coastal Community: The Equity of Role-Play Between Bugis Women and Men in Kupang. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 15(2), 255–274. https://doi.org/10.21043/PALASTREN.V15I2.11837
  15. Tafui, M. (2023). Peran Orang Tua dalam Membina Moralitas Remaja Putus Sekolah di Kelurahan Fatukbot, Nusa Tenggara Timur. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.943
  16. Tefa, A. P. (2023). Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Oinlasi Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.59098/PENSOS.V1I1.937
  17. Zahrawati, F., Aras, A., Syahrul, Jumaisa, & Nzobonimpa, C. (2023). Designing A Project-Based Ecoliteration Learning Trajectory to Improve Students’ Ecological Intelligence. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 85–99. https://doi.org/10.25217/JI.V8I2.3731