Main Article Content

Abstract

Dalam sebuah Pendidikan pasti tidak luput akan terjadinya kasus pembullyian terutama di Tingkat sekolah dasar, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk : 1. Apakah ada pengaruh bullying terhadap interaksi sosial siswa di sekolah dasar? 2. Bagaimana gambaran perilaku bullying yang terjadi pada siswa di sekolah dasar?. Pengumpulan data dengan menggunakan study kepustakaan dengan literatur review dari beberapa jurnal sekolah dasar. Tulisan ini menerapakan metode deskriptif kualitatif berjenis penelitian berupa studi kepustakaan (library research) yakni mengumpulkan informasi ataupun karya tulis ilmiah yang memiliki hubungan dengan literature review yang bersifat kepustakaan. Penelitian deskriptif dan kualitatif yang dikombinasikan kemudian disebut juga sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara perilaku bullying terhadap interaksi social siswa yang disebabkan bullying verbal maupun bullying non verbal.


 


 

Keywords

bullying,interaction social, elementary school

Article Details

How to Cite
Syafira, S. N., & Masyithoh, S. (2024). PENGARUH BULLYING TERHADAP INTERAKSI SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 2, 1-17. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/1564

References

  1. A, Muslim. 2013. “Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis.” Jurnal diskursus islam.
  2. Abdulsayni. 2007. “Sosiologi Skematika, Teori, Dan Terapan.” Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Amini, Semai Jiwa. 2008. “Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak.” Jakarta: Grasindo.
  4. Andria Pragholapati, Rizki Muliani, dan Fita Lia Aryanti. “Hubungan Bullying Dengan Kemampuan Sosial Pada Remaja Di SMK X Kota Bandung.” Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi 9, no. 1.
  5. Ardila, Maya. “Efektivitas Teknik Konseling Bangku Kosong Dalam Menangani Siswa Bullying Di Sekolah (Sebua Penelitian Di SMA Negeri 1 Banda Aceh.” Skripsi (Banda Aceh, Fkip Unsyiah:2014).
  6. Astuti, Ponny Retno. 2008. “Meredam Bullying : 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak.” Jakarta : PT.Grasindo.
  7. Azwar, Saifuddin. 2015. “Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Desmita. 2005. “Psikologi Perkembangan.” Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Ed.D, Michele Borba. 2010. “The Book Of Parenting Solution: 101 Jawaban Sekaligus Solusi Untuk Kebingungan Dan Kekhawatiran Orang Tua Dalam Menghadapai Permasalahan Anak Sehari-Hari.” Jakarta: Elex Media Komputindo.
  10. Emi, Raja, Syahrial Syahrial, and Vitri Angraini Hardi. 2021. “Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru.” Indonesian Research Journal On Education 1(1): 1–10.
  11. Gerungan. 2004. “Psikologi Sosial.” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  12. Herimanto, Winarno. 2013. “Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar.” Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Ismiatun, Rohman. “Bullying Di SD Negeri Gondolayu Kota Yogyakarta.” Yogyakarta: FIP UNY, 2014.
  14. Listiawati. 2017. “Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan.” Depok : KENCANA.
  15. Meggit, Carolyn. 2013. “Memahami Perkembangan Anak.” Jakarta: PT.Indeks.
  16. Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 128.
  17. Pratiwi, Regina Putri. 2016. “Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas III SDN Minomartani 6 Sleman.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(5): 141–51.
  18. Sanders. 2004. “Bullying Implication For The Classroom.” California, Elsevier Academic Press.
  19. Sapitri, Widya Ayu. 2020. “Cegah Dan Stop Bullying Sejak Dini.” Semarang : Guepedia.
  20. Sejiwa, Tim. 2008. Panduan Bagi Orangtua Dan Guru Mengatasi Kekerasan Di Sekolah.
  21. Sentosa, Slamet. 2006. “Dinamika Kelompok.” Jakarta: Bumi Aksara.
  22. Soekanto, Soerjono. 2006. “Sosiologi Suatu Pengantar.” Jakarta: Raja Grafindo.
  23. Sucipto. “Bullying Dan Upaya Meminimalisasikannya.” (Prodi BK FKIP Universitas Muria Kudus, Ensiklopedia Vol. 1, No. 1).
  24. Sugiyono. 2008. “Metode Penelitin Kuantitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
  25. Sukanto, Soerjono. 2013. “Budi Sulistyowati, Sosiologi Suatu Pengantar.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  26. Sunarto, B. Agung Hartono. 2002. “Perkembangan Peserta Didik.” Jakarta: Rineka Cipta.
  27. Susanto. 2011. “Perkembangan Anak Usia Dini.” Jakarta, Kencana prenanda Media Group.
  28. Suyokmuti, Nurani. 2013. “Pengantar Sosiologi.” Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.
  29. Virgia Ningrum Fatnar, Choirul Anam. “Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga.” Jurnal Fakultas Psikologi 2, no. 2.
  30. Winartha, I Made. 2006. “Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi.” Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
  31. Wiyani, Andy Novan. 2014. “Psiklogi PerkembanganAnak Usia Dini Panduan BagiOragtu Dan Pendidik Dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini.” Yogyakarta:PenerbitGavaMedia.
  32. Xiao, Angeline. “Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat,”.” Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 7, no. 2.