Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Kuwus dan faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan 6(enam) orang guru di SMAN 1 Kuwus. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kuwus, yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin berperan dalam membina, mangarahkan dan menginsipirasi guru agar bekerja secara optimal, sebagai innovator kepala sekolah memdorong guru untuk terus berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran. meningkatkan motivasi kerja guru, meningkatkan profesional guru, menciptakan lingkungan kerja yang positif. Hasil penelitian ini juga menunjukan ada beberapa faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kuwus, Faktor pendukung: lingkungan kerja yang kondusif, kepala sekolah membangun hubungan interpersonal dan komunikasi efektif, pemberian apresiasi dan penghargaan, dukungan program pengembangan professional. Faktor penghambat:, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya dukungan dari pihak eksternal.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Epstein, J. L. (2011). Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Komunitas: Mempersiapkan Pendidik dan Meningkatkan Sekolah. Jakarta
- Glover, D. (2019). Peran Kepemimpinan Sekolah dalam Membangun Komunikasi yang Efektif. London: Education Press.
- Hamid darmadi, 2013 Metode Penelitian Pendidikan Dan Sociap, Alfabeta Bandung. Harun. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru melalui Pengembangan Profesional. Jakarta: Pustaka Edukasi.
- Hidayat, A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah. Bandung: CV Edu Media.
- Mulyasa, E. (2016). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. (2018). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. Mulyasa. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
- Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Remaja Rosdakarya. Mutu Pendidikan. Jakarta: Penerbit
- Nurkolis. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
- Siburian, P. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Wahjosumidjo. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretis dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Warisno. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.