Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja  guru di SMAN 1 Kuwus dan faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam  meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan  penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala  sekolah, wakil kepala sekolah dan 6(enam) orang guru di SMAN 1 Kuwus. Analisis data yang  digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian  ini menunjukan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1  Kuwus, yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin berperan dalam membina, mangarahkan dan  menginsipirasi guru agar bekerja secara optimal, sebagai innovator kepala sekolah  memdorong guru untuk terus berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran. meningkatkan  motivasi kerja guru, meningkatkan profesional guru, menciptakan lingkungan kerja yang  positif. Hasil penelitian ini juga menunjukan ada beberapa faktor pendukung dan penghambat  peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kuwus, Faktor  pendukung: lingkungan kerja yang kondusif, kepala sekolah membangun hubungan  interpersonal dan komunikasi efektif, pemberian apresiasi dan penghargaan, dukungan  program pengembangan professional. Faktor penghambat:, sarana dan prasarana yang kurang  memadai, kurangnya dukungan dari pihak eksternal. 

Keywords

Kepala Sekolah Kinerja Guru

Article Details

How to Cite
Mutiara, D., Datuk, A., & Yusuf, N. W. (2025). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KUWUS KECAMATAN KUWUS KABUPATEN MANGGARAI BARAT . Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3, 1-15. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2704

References

  1. Epstein, J. L. (2011). Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Komunitas: Mempersiapkan Pendidik dan Meningkatkan Sekolah. Jakarta
  2. Glover, D. (2019). Peran Kepemimpinan Sekolah dalam Membangun Komunikasi yang Efektif. London: Education Press.
  3. Hamid darmadi, 2013 Metode Penelitian Pendidikan Dan Sociap, Alfabeta Bandung. Harun. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru melalui Pengembangan Profesional. Jakarta: Pustaka Edukasi.
  4. Hidayat, A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah. Bandung: CV Edu Media.
  5. Mulyasa, E. (2016). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. (2018). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. Mulyasa. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
  6. Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Remaja Rosdakarya. Mutu Pendidikan. Jakarta: Penerbit
  7. Nurkolis. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  8. Siburian, P. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Wahjosumidjo. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretis dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  10. Warisno. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.