Main Article Content

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses penting dalam membentuk generasi muda yang  berakhlak mulia dan memiliki integritas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran  sosiologi di SMA Negeri 1 Atambua serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi  dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik  pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil  penelitian ini menunjukan bahwa guru menerapkan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan  disiplin (hadir tepat waktu dan mengumpulkan tugas), nilai Religius (berdoa sebelum dan  sesudah pembelajaran, serta integrasi materi sosial dengan nilai agama), dan nilai kejujuran  (penenkanan pada kejujuran dalam tugas dan ujian). Namun, implementasi tersebut  menghadapi kendala internal berupa rendahnya motivasi dan rasa percaya diri siswa, serta  keterbatasan waktu dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan materi karakter. Penelitian  ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum dan metode  pembelajaran sosiologi berbasis karakter. 

Keywords

Pendidikan karakter Sosiologi Peserta didik

Article Details

How to Cite
Loe, N. (2025). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 ATAMBUA . Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3, 16-30. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2705

References

  1. Furkan. (2019). Disiplin Sebagai Kunci Keberhasilan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  2. Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
  3. Lickona, T. (2019). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
  4. Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Musfiroh, T. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: LkiS. Megawati, Dkk. (2017). Pendidikan Karakter Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  5. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.