Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter merupakan proses penting dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki integritas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Atambua serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru menerapkan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan disiplin (hadir tepat waktu dan mengumpulkan tugas), nilai Religius (berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, serta integrasi materi sosial dengan nilai agama), dan nilai kejujuran (penenkanan pada kejujuran dalam tugas dan ujian). Namun, implementasi tersebut menghadapi kendala internal berupa rendahnya motivasi dan rasa percaya diri siswa, serta keterbatasan waktu dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan materi karakter. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran sosiologi berbasis karakter.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Furkan. (2019). Disiplin Sebagai Kunci Keberhasilan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
- Lickona, T. (2019). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
- Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Musfiroh, T. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: LkiS. Megawati, Dkk. (2017). Pendidikan Karakter Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.