Main Article Content

Abstract

Febriana Helena Seran: 2025 Skripsi Relevansi Nilai-nilai Kearifan lokal dalam  Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMA Negeri 5 Kupang. Pembimbing I Dr. Bacotang, M.  Si dan Pembimbing II Nur Wahida Yusuf, S. Pd., M. Pd. Program Studi Pendidikan Sosiologi,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang. 


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (a) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai  kearifan lokal yang relevan, dalam menumbuhkan sikap sosial siswa di SMA Negeri 5 Kupang.  (b) Untuk mengetahui metode yang cocok untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data  dikumpulkan melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta divalidasi dengan  triangulasi. 


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai kearifan lokal yang relevan dalam  menumbuhkan sikap sosial siswa adalah, nilai gotong royong, nilai musyawara mufakat, dan  nilai sopan santun dan tata kerama yang bisa menumbuhkan sikap sosial siswa. (2) Metode  yang efektif untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal adalah metode pembelajaran  berbasis kegiatan, berupa kegiatan gotong royong dan diskusi kelompok yang degan cepat  menumbuhkan sikap sosial siswa.  


Kata kunci: Nilai-nilai kearifan lokal menumbuhkan sikap sosial  

Keywords

Nilai-nilai kearifan lokal, menumbuhkan sikap sosial

Article Details

How to Cite
Seran, F. (2025). RELEVANSI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 5 KUPANG . Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3, 31-45. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2706

References

  1. Afdhal, A., Manuputty, F., Litaay, S. C. H., & Makaruku, N. D. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Maluku dalam Hidden curriculum: Strategi Membangun Perdamaian dan Toleransi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research,
  2. Bagdon dan Taylor dalam (Moeong, 2012). Pendekatan penelitian kualitatif.
  3. Bago, A. S. (2020). Identifikasi keragaman famili Araceae sebagai bahan pangan, obat, dan tanaman hias di Desa Hilionaha Kecamatan Onolalu Kabupaten Nisa Selatan. Jurnal education and development, 8(4), 695-695.
  4. Damanik, F. H. S. (2023). Mengembangkan Keterampilan Resolusi Konflik melalui Pembelajaran Sosiologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan,
  5. Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral,
  6. EFENDI, Z., & Supriyanto, A. (2024). Upaya Meningkatkan Sikap Sopan S Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Games Spiner Terhadap Siswa Fase F SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025: Meningkatkan Sikap Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation games Spiner. ABARA: Jurnal Konseling Pastoral,
  7. Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68-77.
  8. Handayani, H., Harmawati, Y., Widhiastanto, Y., & Jumadi, J. (2021). Relevansi nilai kearifan lokal sebagai pendidikan moral. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan,
  9. Hanni Handayani, Yuni Harmawati, Yohanes Widyastanto, Jumadi (2021), Relevansi nilai kearifan lokal sebagai pendidikan moral.
  10. Hurri, I., & Widiyanto, R. (2018). Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik,
  11. Irda Yusepa, Wilodati, Siti Kamairah (2022) Integrasi nilai musyawara/mufakat melalui pembelajara sosiologi berbasis kearifan lokal
  12. Jadidah, I. T., Alfarizi, M. R., Liza, L. L., Sapitri, W., & Khairunnisa, N. (2023). Analisis Pengaruh Arus Globalisasi Terhadap Budaya Lokal (Indonesia). Academy of Social Science and Global Citizenship Journal,
  13. Jati, I. M. (2022). Nilai-nilai kearifan lokal tradisi nyadran sebagai sumber belajar IPS. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
  14. Johan Udin, Effendi Nawawi, (2023)Penghayatan nilai pancasila dalam menguatkan karakter dan identitas manusia Indonesia di SMA Neheri 2 Palembang.
  15. Klaran, H. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Duakoran dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN Raimanuk East Nusa Tenggara. PENSOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi,
  16. Mujiburrahman, M. (2022). Pendidikan karakter siswa berbasis kearifan lokal di Aceh. Proceedings Icis 2021,
  17. Ningsih, A. S. P., Ardilansari, A., Winata, A., Mayasari, D., Nizar, M., & Rejeki, S. (2023, August). Pengaruh Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Desa dalam Menghadapi Isu Strategis di Era Digital.
  18. Pratama, Y. A. (2019). Relevansi teori belajar behaviorisme terhadap pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah,
  19. Puspitoningrum, E., Waryanti, E., Muarifin, M., & Kurniawan, D. R. (2023). Pengembangan Model Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kerarifan Lokal Berbasis Pendidikan Karakter Untuk SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing,
  20. Putu Wijaya (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam naskah drama cipoa
  21. Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan keterampilan sosial anak usia dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal),
  22. Rachmawati (2021) Nilai-nilai kearifan lokal Tradisi Nyadran sebagai sumber belajar IPS
  23. Rahayu, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
  24. Sakman (2016) Nilai-nilai kearifan lokal Teradisi Nyadran sebagai sumber belajar IPS
  25. Sakman, & Bakhtiar. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dan Degradasi Moral di Era Globalisasi. 14(1), 1–8.
  26. Siti Yumnah (2023) Relevansi nilai-nilai kearifan lokal dalam pementukan karakter santri yang moderat
  27. Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan Dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah,
  28. Tohri, A., Syamsiar, H., Rasyad, A., Hafiz, A., & Rizkah, R. (2022). RELEVANSI METODE PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAl
  29. Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02),
  30. Wagiran. (2010). Pengembangan model pendidikan kearifan lokal di wilayah provinsi DIY dalam mendukung perwujudan visi pembangunan DIY menuju tahun 2025 (tahun kedua). Penelitian. Yogyakarta: Biro Administrasi Pembangunan.
  31. Wibowo, A (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  32. Wibowo, A. dan Gunawan, A (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah. Kosep, Strategi dan Implementasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  33. Widiatmaka, P. (2022). Strategi menjaga eksistensi kearifan lokal sebagai identitas nasional di era disrupsi. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan,
  34. Xiao, A. (2018). Konsep interaksi sosial dalam komunikasi, teknologi, masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, .
  35. Yumnah, S. (2023, December). Relevansi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Santri Yang Moderat. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars
  36. Yusepa, I., Wilodati, W., & Komariah, S. (2022). Internalisasi nilai musyawarah/mufakat melalui pembelajaran sosiologi berbasis kearifan lokal duduk adoik. Jurnal Paedagogy,
  37. Zainal Efendi, Agus Supriyanto, Ytmidi (2024)Layanan bibbingan kelompok dengan teknik Simulation Games Spiner untuk meningkatkan sikap sopan santun, kelas X Di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.