Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui (1) penyebab ketimpangan sosial terhadap minat belajar siswa di SMAS St. Ignatius fahiluka bolan (2) untuk mengetahui peran dan dukungan keluarga,guru, dan lingkungan dalam mengatasi ketimpangan sosial untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAS St. Ignatius fahilika bolan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kualitatif Teknik pengumpulan data menggunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.subjek dalam penelitian ialah siswa-siswi kelas XI IPS I, guru sosiologi, wali kelas dan orang tua siswa. Keabsahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketimpangan sosial di sekolah ini disebabkan oleh lima faktor utama yang saling terkait. (1) kondisi ekonomi keluarga. (2) Akses terbatas terhadap sumber belajar, (3) perbedaan dukungan dari orang tua, (4) perlakuan tidak setara di sekolah, (5) faktor budaya dan lingkungan sosial. Dan menunjukan bahwa upaya mengatasi ketimpangan sosial terhadap minat belajar siswa, (1) upaya dan dukungan keluarga dalam mengatasi ketimpangan sosial dengan memberikan motivasi dan fasilitas belajar, (2) upaya dan dukungan guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator yang mampu mendorong semangat belajar siswa serta (3) upaya dan dukungan lingkungan sosial turut berkontrobusi melalu interaksi sosial yang positif dan dukungan moral.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bugin. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Fadlan, A. (2022). Penaruh latar belakang ekonomi kelurga dan biaya Pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik di sman 1 linggabayu. Jurnal Trunojoyo. 15(1):1829:7935
- Fuad, Z. A. (2016). faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I sdn 7 kute panang.
- Iskandar, M. (2019). "Ketimpangan Sosial dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia." Jurnal Sosiologi Pendidikan Indonesia, 6(1), 12-2
- Mutiah, L., & Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 55–67. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.56789
- Mashuma. (2018). Teknik Analisis Data. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
- Suparno, A. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 85–92.)
- Yulianti, A. (2020). "Dampak Ekonomi Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 7(4), 33-40.
- Zahwa, N.H. S. (2024). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarha Terhadap Motivasi Siswa Kelas Xl Ipa Di SMAN 3 Banjarmasin. Skripsi. Universitas Islam Negri Antsari Banjarmasin.