Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui (1) penyebab ketimpangan sosial terhadap  minat belajar siswa di SMAS St. Ignatius fahiluka bolan (2) untuk mengetahui peran dan  dukungan keluarga,guru, dan lingkungan dalam mengatasi ketimpangan sosial untuk  meningkatkan minat belajar siswa di SMAS St. Ignatius fahilika bolan. Metode yang  digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kualitatif Teknik pengumpulan data  menggunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.subjek dalam penelitian ialah  siswa-siswi kelas XI IPS I, guru sosiologi, wali kelas dan orang tua siswa. Keabsahan data  menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketimpangan sosial di sekolah ini  disebabkan oleh lima faktor utama yang saling terkait. (1) kondisi ekonomi keluarga. (2) Akses  terbatas terhadap sumber belajar, (3) perbedaan dukungan dari orang tua, (4) perlakuan tidak  setara di sekolah, (5) faktor budaya dan lingkungan sosial. Dan menunjukan bahwa upaya  mengatasi ketimpangan sosial terhadap minat belajar siswa, (1) upaya dan dukungan keluarga  dalam mengatasi ketimpangan sosial dengan memberikan motivasi dan fasilitas belajar, (2)  upaya dan dukungan guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator yang mampu  mendorong semangat belajar siswa serta (3) upaya dan dukungan lingkungan sosial turut  berkontrobusi melalu interaksi sosial yang positif dan dukungan moral.

Keywords

Ketimpangan sosial Minat belajar

Article Details

How to Cite
Amaral, E. (2025). ANALISIS PENYEBAB KETIMPANGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR DI SMAS ST. IGNATIUS FAHILUKA BOLAN KECAMATAN MALAKA TENGAH KABUPATEN MALAKA . Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3, 46-60. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2707

References

  1. Bugin. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  2. Fadlan, A. (2022). Penaruh latar belakang ekonomi kelurga dan biaya Pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik di sman 1 linggabayu. Jurnal Trunojoyo. 15(1):1829:7935
  3. Fuad, Z. A. (2016). faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I sdn 7 kute panang.
  4. Iskandar, M. (2019). "Ketimpangan Sosial dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia." Jurnal Sosiologi Pendidikan Indonesia, 6(1), 12-2
  5. Mutiah, L., & Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 55–67. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.56789
  6. Mashuma. (2018). Teknik Analisis Data. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
  7. Suparno, A. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 85–92.)
  8. Yulianti, A. (2020). "Dampak Ekonomi Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 7(4), 33-40.
  9. Zahwa, N.H. S. (2024). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarha Terhadap Motivasi Siswa Kelas Xl Ipa Di SMAN 3 Banjarmasin. Skripsi. Universitas Islam Negri Antsari Banjarmasin.