Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan karakter di SMA Plus St Albertus Agung Weleun Malaka (2) untuk mengetahui dampak implementasi pendidikan karakter di SMA Plus St Albertus Agung Weleun Malaka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru sosiologi dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa, bahwa: Implementasi Pendidikan Karakter sebagai berikut: Pertama membentuk kreativitas siswa disekolah seperti kepramukaan, kegiatan seni, kegiatan olahraga dan kegiatan akademik guna membentuk karakter siswa agar menjadi lebih baik disekolah, kedua kegiatan kerohanian/religius memahami ajaran agama disekolah seperti doa angelus jam 12 siang, kegiatan kerohanian digereja, misa mingguan, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, ketiga membiasakan siswa hidup disiplin memakai seragam sekolah dan hadir tepat waktu disekolah, dan yang keempat membiasakn siswa membaca buku sebelum 15 menit setiap harinya. Sedangkan dampak positif implementasi pendidikan karakter adalah pertama, menjadikan peserta didik lebih maju, mandiri dan bertanggung jawab. Kedua, peserta didik mendapat nilai yang baik dan dapat dijadikan teladan oleh peserta didik lainnya/sesame teman sejawat.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Mustika (2018). Penerapan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler melalui metode pembiasaan pendidikan. Didaktika: Jurnal Kependidikan 12.2 (2019): 183-196
- Ahsanulkahd, (2019). Pembentukan karakter dalam bidang nilai-nilai sejak usia dini. Doni Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Jakarta: Grasindo, 193-194
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kualitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7111-7120
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kualitatif, Kualitatif, dan R &
- Sukiyat, H. (2020). Strategi implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing Rohman Muhammad, (2012). Kurikulum Karakter. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. Wattimena, M. (2021). Mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 13 Makassar. Education, Language and Culture Journal, 1(1), 59-66.
- Wahyuni, S. (2021). Peran guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter peserta didik. Penerbit NEM.