https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/issue/feedProsiding Ilmu Pendidikan dan Keguruan2025-11-06T00:00:00+00:00Syahrulsyahrulkadir7@gmail.comOpen Journal Systems<p>Prosiding Ilmu Pendidikan dan Keguruan adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan mengenai bidang pendidikan dan sosial yang telah dipresentasikan di acara Seminar Nasional yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang.</p>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2704PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KUWUS KECAMATAN KUWUS KABUPATEN MANGGARAI BARAT 2025-11-05T05:08:49+00:00Delvi Mutiaradelvimutiara2003@gmail.comAmirulah Datukamirulahdatuk@gmail.comNur Wahida Yusufnurwahidayusuf@gmail.com<p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Kuwus dan faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan 6(enam) orang guru di SMAN 1 Kuwus. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kuwus, yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin berperan dalam membina, mangarahkan dan menginsipirasi guru agar bekerja secara optimal, sebagai innovator kepala sekolah memdorong guru untuk terus berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran. meningkatkan motivasi kerja guru, meningkatkan profesional guru, menciptakan lingkungan kerja yang positif. Hasil penelitian ini juga menunjukan ada beberapa faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kuwus, Faktor pendukung: lingkungan kerja yang kondusif, kepala sekolah membangun hubungan interpersonal dan komunikasi efektif, pemberian apresiasi dan penghargaan, dukungan program pengembangan professional. Faktor penghambat:, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya dukungan dari pihak eksternal. </span></p>2025-11-05T05:08:48+00:00Copyright (c) 2025 Delvi Mutiara, Amirulah Datuk, Nur Wahida Yusufhttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2705IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 ATAMBUA 2025-11-05T05:25:30+00:00Novita Loemetryloe2@gmail.com<p><span style="font-weight: 400;">Pendidikan karakter merupakan proses penting dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki integritas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Atambua serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru menerapkan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan disiplin (hadir tepat waktu dan mengumpulkan tugas), nilai Religius (berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, serta integrasi materi sosial dengan nilai agama), dan nilai kejujuran (penenkanan pada kejujuran dalam tugas dan ujian). Namun, implementasi tersebut menghadapi kendala internal berupa rendahnya motivasi dan rasa percaya diri siswa, serta keterbatasan waktu dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan materi karakter. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran sosiologi berbasis karakter. </span></p>2025-11-05T05:25:29+00:00Copyright (c) 2025 Novita Loehttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2706RELEVANSI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 5 KUPANG 2025-11-05T05:29:52+00:00Febriana Seranserenaelen551@gmail.com<p><strong>Febriana Helena Seran: 2025 Skripsi </strong><em><span style="font-weight: 400;">Relevansi Nilai-nilai Kearifan lokal dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMA Negeri 5 Kupang. </span></em><span style="font-weight: 400;">Pembimbing I Dr. Bacotang, M. Si dan Pembimbing II Nur Wahida Yusuf, S. Pd., M. Pd. Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang. </span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (a) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai kearifan lokal yang relevan, dalam menumbuhkan sikap sosial siswa di SMA Negeri 5 Kupang. (b) Untuk mengetahui metode yang cocok untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta divalidasi dengan triangulasi. </span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai kearifan lokal yang relevan dalam menumbuhkan sikap sosial siswa adalah, nilai gotong royong, nilai musyawara mufakat, dan nilai sopan santun dan tata kerama yang bisa menumbuhkan sikap sosial siswa. (2) Metode yang efektif untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal adalah metode pembelajaran berbasis kegiatan, berupa kegiatan gotong royong dan diskusi kelompok yang degan cepat menumbuhkan sikap sosial siswa. </span></p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em><span style="font-weight: 400;">Nilai-nilai kearifan lokal menumbuhkan sikap sosial </span></em></p>2025-11-05T05:29:51+00:00Copyright (c) 2025 Febriana Seranhttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2707ANALISIS PENYEBAB KETIMPANGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR DI SMAS ST. IGNATIUS FAHILUKA BOLAN KECAMATAN MALAKA TENGAH KABUPATEN MALAKA 2025-11-05T05:33:49+00:00Edeltrudia Amaraledeltrudisamaral@gmail.com<p><span style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui (1) penyebab ketimpangan sosial terhadap minat belajar siswa di SMAS St. Ignatius fahiluka bolan (2) untuk mengetahui peran dan dukungan keluarga,guru, dan lingkungan dalam mengatasi ketimpangan sosial untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAS St. Ignatius fahilika bolan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kualitatif Teknik pengumpulan data menggunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.subjek dalam penelitian ialah siswa-siswi kelas XI IPS I, guru sosiologi, wali kelas dan orang tua siswa. Keabsahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. </span><span style="font-weight: 400;">Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketimpangan sosial di sekolah ini disebabkan oleh lima faktor utama yang saling terkait. (1) kondisi ekonomi keluarga. (2) Akses terbatas terhadap sumber belajar, (3) perbedaan dukungan dari orang tua, (4) perlakuan tidak setara di sekolah, (5) faktor budaya dan lingkungan sosial. Dan menunjukan bahwa upaya mengatasi ketimpangan sosial terhadap minat belajar siswa, (1) upaya dan dukungan keluarga dalam mengatasi ketimpangan sosial dengan memberikan motivasi dan fasilitas belajar, (2) upaya dan dukungan guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator yang mampu mendorong semangat belajar siswa serta (3) upaya dan dukungan lingkungan sosial turut berkontrobusi melalu interaksi sosial yang positif dan dukungan moral.</span></p>2025-11-05T05:33:48+00:00Copyright (c) 2025 Edeltrudia Amaralhttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2708 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA PLUS ST ALBERTUS AGUNG WELEUN MALAKA2025-11-05T05:38:35+00:00Odete Fatimaodethemesquita@gmail.com<p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan karakter di </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">SMA Plus St Albertus Agung Weleun Malaka (2) untuk mengetahui dampak implementasi </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">pendidikan karakter di SMA Plus St Albertus Agung Weleun Malaka. Metode penelitian yang </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">digunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru sosiologi </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan </span><span style="font-weight: 400;">dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">kesimpulan.</span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa, bahwa: Implementasi Pendidikan </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">Karakter sebagai berikut: Pertama membentuk kreativitas siswa disekolah seperti </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">kepramukaan, kegiatan seni, kegiatan olahraga dan kegiatan akademik guna membentuk </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">karakter siswa agar menjadi lebih baik disekolah, kedua kegiatan kerohanian/religius </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">memahami ajaran agama disekolah seperti doa angelus jam 12 siang, kegiatan kerohanian </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">digereja, misa mingguan, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, ketiga membiasakan siswa </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">hidup disiplin memakai seragam sekolah dan hadir tepat waktu disekolah, dan yang keempat </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">membiasakn siswa membaca buku sebelum 15 menit setiap harinya. Sedangkan dampak positif </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">implementasi pendidikan karakter adalah pertama, menjadikan peserta didik lebih maju, </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">mandiri dan bertanggung jawab. Kedua, peserta didik mendapat nilai yang baik dan dapat </span><span style="font-weight: 400;"> </span><span style="font-weight: 400;">dijadikan teladan oleh peserta didik lainnya/sesame teman sejawat.</span></p>2025-11-05T05:38:34+00:00Copyright (c) 2025 Odete Fatimahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/pps/article/view/2718INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR SISWA DI SKO FLOBAMORATA KUPANG 2025-11-05T05:46:33+00:00Angelina Sandriani Peni Baninanggelinabani16@gmail.comNurdinnurdin123@gmail.comUlfah Maulidhyaulfahmaulidhya@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sosiologi untuk meningkatkan toleransi antar siswa di SKO Flobamorata Kupang, (2) nilai-nilai multikultural yang relevan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran sosiologi untuk meningkatkan toleransi antar siswa di SKO Flobamorata Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ialah Guru mata pelajaran sosiologi, kepala sekolah dan siswa SKO Flobamorata Kupang. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Integrasi Nilai-nilai Multikultural Dalam Pemnelajaran Sosiologi Untuk Mrningkatkan Toleransi Antar Siswa Di SKO Flobamorata Kupang : (1) Menghormati dan menghargai (2) Penanaman nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran, (3) Kesetaraan. Sedangkan Nilai-nilai multikultural yang relevan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran sosiologi untuk meningkatkan toleransi antar siswa di SKO Flobamorata Kupang seperti; (1) Gotong royong. (2) Keragaman budaya. Dengan demikian, integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sosiologi memiliki peranan penting dalam membentuk lingkungan sekolah yang harmonis dan inklusif.</p>2025-11-05T05:46:32+00:00Copyright (c) 2025 Angelina Sandriani Peni Banin, Nurdin, Ulfah Maulidhya