Strategi Penerapan Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora

  • Tanti Fitri Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Risk management, Interest to learn, Strategy

Abstract

Manajemen resiko merupakan suatu pendekatan yang penting dalam mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengelola risiko potensial yang dapat terjadi dalam berbagai sector termasyk sector pendidikan. Sekolah sebagai lingkungan yang kompleks dan melibatkan berbagai pihak, memiliki resiko-resiko yang perlu dikelola dengan baik untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan siswa. Minat belajar siswa merupakah fakto penting yang mempengaruhi hasil akademik dan penagalaman pendidikan secara keseluruhan. Dengan menerapkan startegi penerapan manajemen resiko yang tepat, sekolah dan pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan mendukung bagi siswa. Hal ini berkontribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa, motivasi siswa dan hasil akademik secara keseluruhan. Namun penting untuk diingatkan bahwa setiap strategi perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang berbeda. Penulis menggunakan metode kualitatif dan mendapat informasi melalui wawancara kepada salah satu wali kelas dan guru BK serta dari berbagai literatur. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis strategi penerapan manahemen risiko yang efektif disekolah dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora dengan melalui proses identifikasi, pengukuran, pemetaan, pengelolaan dan pengendalian. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa karena dalam kegiatan pembelajaran seringkali ditemukan permasalahan yang dapat menimbulkan resiko. 

Published
2023-08-31
How to Cite
Fitri, T., & Hidayat, W. (2023). Strategi Penerapan Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 1 - 12. https://doi.org/10.59098/talim.v2i02.1030