PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA PETANI DESA MBULIWARALAU UTARA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang pola Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga petani di Desa Mbuliwaralau Utara, kesibukan keluarga petani mengakibatkan kurangnya waktu untuk memberikan pendidikan terhadap anak khususnya Pendidikan Agama Islam.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian yakni dari Keluarga Petani dan Guru Ngaji. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan keluarga petani di Desa Mbuliwaralau Utara dalam mendidik anaknya tentang agama Islam metode nasihat. Pola pendidikan yang mereka gunakan yaitu pola pendidikan otoriter dan otoritatif. Dampak dari pola otoritatif memberikan dampak positif sedangkan pola otoriter memberikan dampak negatif dan dampak positif.
Copyright (c) 2025 Nining Dahlia Mahlil Mahmuda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.