PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN ISLAM DI ERA GLOBAL

  • Mutia Nur Hasanah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya
  • Munawir Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya
  • Indrianis Suryani Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya
Keywords: Globalisasi, Kebudayaan Islam, Pendidikan Multikultural, Globalization, islamic culture, multicultural education

Abstract

Mayoritas muslim di indonesia diberikan fasilitas pendidikan terutama bagi generasi milenial untuk lebih mengenal budaya Islam. Akses mobilitas interaksi antarbudaya menjadi sangat mudah dalam revolusi industri 4.0. Pendidikan multikultural berusaha untuk bermanfaat dalam arti luas dengan menonjolkan nilai keberagaman, mempersatukan negara secara demokrasi baik secara individu dari berbagai negara, kelompok etnis, dan budaya. Oleh karena itu, pengamalan nilai dikondisikan dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini mengacu pada bagaimana integrasi dan urgensi peran pendidikan multikulturalisme dalam mempertahankan kebudayaan Islam pada era globalisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model studi kepustakaan (library research) dimana objek yang dikaji berasal dari hasil telaah buku, artikel, catatan, jurnal, transkrip, laporan penelitian, makalah, internet dan dokumen lain terkait. Hasil yang dicapai yaitu pendidikan multikultural tidak hanya sebagai upaya untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai dan kebudayaan Islam, namun juga sebagai upaya dalam membentuk setiap individu menjadi pribadi yang bernilai luhur serta upaya dalam mempertahankan budaya keislaman dan kebudayaan bangsa.

Kata Kunci: Globalisasi, Kebudayaan Islam, Pendidikan Multikultural

Published
2024-08-07
How to Cite
Hasanah, M. N., Munawir, & Suryani, I. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN ISLAM DI ERA GLOBAL. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 25 - 33. https://doi.org/10.59098/talim.v3i1.1393