Penerapan Model Pembelajaran Audio Tutorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Maurole
Audio Tutorial, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SMP Negeri 1 Maurole dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya materi tentang malaikat dan tugasnya. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Audio Tutorial yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing terdiri dari empat pertemuan. Dengan menggunakan metode penelitian mixed method. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Audio Tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil presentasi aktivitas belajar siswa yaitu 60,03% kategori cukup aktif dengan ketuntasan belajar mencapai 57,89% tidak tuntas. Pada siklus II, ketuntasan belajar mencapai 94,73%, dengan 18 siswa mencapai nilai di atas KKM (75) dan hanya 1 siswa yang belum tuntas (3,57%). Peningkatan hasil belajar ini disebabkan oleh peningkatan kinerja guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Model pembelajaran Audio Tutorial memiliki beberapa keunggulan, antara lain meningkatkan kemandirian, partisipasi, kecepatan berpikir, serta daya tangkap dan pendengaran siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Audio Tutorial efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Maurole
References
Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Analisis Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24530
Astaman. (2020). Hakikat Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 35–39. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.104
Gunawan, I. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet 14). Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Khairun Nufus, Ilfiana Iffah Jihada, Fazlur Rahman RM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.