PROBLEMATIKA MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA NON-MUSLIM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG
Abstract
Penelitian ini menyajikan problematika membaca dan menulis bahasa arab bagi mahasiswa non-muslim di universias muhammmadiyah kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika membaca dan menulis bahasa arab bagi mahasiswa non-muslim di universitas Muhammadiyah kupang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisiss data menggunakan analisis deskripif. Adapun Teknik pengumpulan datanya yaitu berupa observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi secara langsung berupa tes membaca dan menulis bahsa arab bagi mahasiswa non-muslim diuniversitas Muhammadiyah kupang dengan maksud untuk memperoleh porsentase mahasiswa non-muslim yang belum bisa membaca dan menulis. Kemudian untuk memperoleh data yang mendekati kebenaran dengan cara melakukan wawancara kepada mahasiswa non-muslim di unuversitas muhammmadiyah kupang tentang problematika membaca dan menulis bahasa arab.
Adapun hasil dari penelitian nya adalah 50% mahasiswa non-muslim yang belum terlalu menulis dan 50% sudah bisa menulis bahasa arab bahasa arab, 65% porsen yang belum terlalu bisa membaca dan 45% sudah bisa membaca bahasa arab. Hal ini desebabkan oleh bahasa arab di anggap sulit bagi mahasiswa non-muslim, sulit dan pengucapan dan penulisannya yang disebabkan oleh mahasiswa non-muslim baru mengenal bahasa arab.
References
Akmaliyah, “wawasan dan teknik terampil menerjemahkan”,Bandung: N & Z Press 2007.
Budyartati Sri, “Problematika Pembelajaran Di Sekolah Dasar”,Jawa Timur: CV AE MEDIA GRAFIKA 2016
Darwis Amri, “Metode Penelitian Pendidikan Islam” Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Demetriana Bano Bria, Mahasiswa Non-Muslim Universitas Muhammadiyah Kupang, Wawancara, 1 Mei 2024
Farurozi Aziz, “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika Dan Solusinya”, Kelola: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, No.2,(7 November 2014)
Fakhrurozi Aziz & Erta Mahyudin, “Pembelajaran Bahasa Arab”, Jakarta: Direktur Jendral Pendidikan Islam, 2009.
Galingging Yusniati, Gunawan Tambunsaribu, “Penerjemahan Idiomatis Peter Newmark Dan Mildred Larson” Kelola: Jurnal Bhasa, Sastra Dan Budaya 8, no.1 (2021)
Hermawan Acep, “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Arab”, Bandung: PT. Remaja Resdakarya,2011
Ilfiana Iffah Jihada (Dosen Bahasa Arab Di Universitas Muhammadiyah Kupang), wawancara Tanggal 15 Maret 2024
Jihada Ilfiana Iffah, “Perspektif Mahasiswa Nonmuslim terhadap Mata Kuliah Bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Kupang”, Kelola : Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 9, No. 2 (Juli 2023)
Kardim,“Ragam Penerjemahan.” Kelola: Jurnal Studi Islam 2, no.1 (Juni 2017)
Khalilullah Muhammad, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Aswaja Pressindo, 2016
Kristina David, Mahasiswa Non-Muslim Universitas Muhammadiyah Kupang, Wawancara, 1 Mei 2024
Maria Erliana Amtahan, Mahasiswa Non-Muslim Universitas Muhammadiyah Kupang, Wawancara, 1 Mei 2024
Maria Oktaviana Semu, Mahasiswa Non-Muslim Universitas Muhammadiyah Kupang, Wawancara, 1 Mei 2024
Marwan Gozali,Dosen Bahasa Arab Di Universitas Muhammadiyah Kupang, wawancara Tanggal 15 Maret 2024.
Masithoh Isninda Nur “Strategi Dosen Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Nonmuslim Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong”, Kelola: Jurnal PAIDA 2 No. 1 ( Februari 2023).
Maleong Lexs J, Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosada Karya, 2007
Muradi Ahmad, “Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia”, Kelola: Jurnal Muqoyis 1, no.1 (2013)
Muhith.Abd, “Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu Di MIN III Bondowoso” Kelola: Journal Of Islamic Teaching 1, no.1 (30 Juni 2018)
Masni harbeng, “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa”,kelola :Jurnal Dikdaya 5,no. 1(April 2015)
Mania Siti, “Observasi Sebagai Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Penajaran”, Kelola:Jurnal Lentera Pendidikan 11.no.2, (Desember 2008)
Martanya widya, “Seni Menerjemahkan” ,Yogyakarta: kanisius, 1989.
Nandang Sarip Hidayat, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab”, Kelola: Jurnal Pemikiran Islam.37, no. 1, (2012)
Noermayanti Marsha Alief, “Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Anak Asuh di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta”, Kelola: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 11, no.2,( 16 Desember 2022)
Noor Fatwah, “Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi” Kelola: Jurnal Bahasa Arab 2, no.1 (2018): 15
Nuur khaerunnisa, “Peningkatan Penguasaan Mufrodat Mahasiswa Melalui Media Berbasis Teks Cerita”, Kelola :Jurnal Diwan 3, no. 2(2017)
Nuha ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: DIVA Pers, 2012.
Rohman Fathur, “Strategi Menerjemah Teks Indonesia-Arab”, Sidoarjo: CV.Lisan Arabi. 2017.
Ramdhan Muhammad, “Metode Penelitian” Strabaya: Cipta Media Nusantra, 2021
Rukajat Ajat, “Pendekatan Penelitian Kualitatif”, Yogyakarta: CV Budi Utama 2018
Satori Djam’an Dan Aan Komariah, Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta 2009
Simatupang Maurits,” Pengantar Teori Terjemahan”, Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 1992.
Shalihah Siti, “Menerjemahkan Bahasa Arab: Antara Ilmu Dan Seni" Kelola: Jurnal At-Ta'dib 12, no.1 (Juni 2017)
Suryana Yahya, “Metode Penelitian Manajemen Pendidikan”, Bandung:CV Pustaka Setia, 2015
Tungkagi Fika Magfira, dkk, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non- Madrasah Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorongtalo, Kelola: Jurnal Ilmia Pendidikan Bahasa Arab 3, no.1 ,(Februari 2022)
Universitas Muhammadiyah Kupang, “Visi, Misi Dan Tujuan Universitas Muhammadiyah Kupang” Https://News.Schmu.Id/Profil-Universitas-Muhammadiyah-Kupang-Unmuh-Kupang/ (Di Akses 1 Mei 2024)
Universitas Muhammadiyah Kupang, “Sejarah Berdirinya Muhammadiyah Di NTT”https://diktilitbangmuhammadiyah.org/id/universitas-muhammadiyah-kupang/(Diakses 1 Mei 2023)
Copyright (c) 2024 Fitria Golu, Ilfiana Iffah Jihada, Yahya Nikmad Nobisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.