ANALISIS MANAJEMEN RISIKO DALAM MENGATASI TANTANGAN SISWA BUTA HURUF AL- QURAN DI SMAN 1 LEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis manajemen risiko sebagai strategi dalam mengatasi tantangan siswa buta huruf Al-Qur'an di SMAN 1 Lembang. Fokus penelitian adalah pada penerapan manajemen risiko menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat diukur secara numerik. Penelitian dilakukan dengan melibatkan siswa buta huruf Al-Qur'an di SMAN 1 Lembang sebagai sampel.
Proses analisis manajemen risiko terdiri dari tahap identifikasi risiko, pengukuran risiko, mitigasi risiko, pemantauan risiko, dan pengendalian risiko. Data dikumpulkan melalui survei dan pengukuran tingkat literasi Al-Qur'an. Hasil analisis kuantitatif membantu mengidentifikasi risiko yang dihadapi siswa buta huruf Al-Qur'an dan mengukur dampaknya.
Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan solusi dan strategi manajemen risiko yang efektif dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan program pembelajaran Al-Qur'an yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa buta huruf Al-Qur'an di SMAN 1 Lembang serta memberikan masukan berharga untuk penerapan manajemen risiko dalam konteks pendidikan.
References
Ardianingsih, A. e. (2023). Literasi Mengenal Manajemen Risiko pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS). Dedikasi PKM, 380-386.
Arifudin, O. W. (2020). Manajemen risiko. Bandung: Penerbit Widina.
Darmawi, H. (2022). Manajemen risiko. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathoni, M. Z. (2020). Analisis Risiko pada Proyek Pembuatan Lintel Set Point dengan Metode Kualitatif (Studi Kasus : PT. XYZ). Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 113-126.
Fiddaroyni, F. S. (2022). Peran Penyuluh Agama dalam Upaya Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 25–43.
Indonesia, I. B. (2015). Manajemen Risiko 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Khumaira, A. F. (2022). Literasi Al-Quran; Gerakan Tanpa Buta Huruf Hijaiyah (GTBH) Bagi Peserta Didik Di SDN 1 Ciarus. In Proceeding Annual Conference on Islamic Education, 884-890.
Kurniawan, R. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Sakinah dalam Upaya Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Kampung Sakinah: Empowerment of The Sakinah Community In Efforts to Eradicate Al-Qur’an Illumination in Sakinah Village. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 19-30.
Labombang, M. (2011). "Manajemen Risiko dalam Proyek Konstruksi.". Smartek, 38-50.
Ma, M. R. (2013). "Kontribusi Dayah Darul Iman Dalam Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur'an Di Blang Cot Tunong.". Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 10-15.
Novianti, T. &. (2021). Manajemen risiko. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Rahman, M. I. (2019). "Pengentasan Buta Huruf Al-qur'an di SMP Muhammadiyah 1 Sleman.". Jurnal Pendidikan Agama Islam Raden Fatah, 277-293.
Ridwan, F. (2020). Manajemen Program Takhfidz Al-Quran. Eduvis, 25-34.
RusmanA., R. P. (2023). Implementasi Metode Tarsana dalam Pemberantasan Buta Huruf Arab (Al-Qur’an) pada Siswa MDTA Al-Ikhlas di Desa Partihaman Saroha. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, RusmanA., RusmanA., PaneS., & PaneS. (2023). Implementasi Metode Tarsana dalam Pemberantasan Buta Huruf Arab2274-2284.
Sadiah, S. M. (2018). Implementasi model pembelajaran dalam pemberantasan buta huruf Alquran di majelis taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1-18.
Santoso, T. e. (2023). MANAJEMEN OPERASIONAL. Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA.
Sari, R. A. (2017). "Analisa Manajemen Risiko pada Industri Kecil Rotan di Kota Malang.". Journal of Industrial Engineering Management, 38-50.
Sugih Arta, I. P. (2021). MANAJEMEN RISIKO. Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA.
Sumantri, I. (2020). Pemberantasan Buta Huruf Arab (Al-Quran) Dengan Metode Tarsana Pada Pelajar Sekolah Dasar Di Kecamatan Cigudeg. PERADA, 177-177.
Supriatno, N. M. (2020). IMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MENGATASI BUTA HURUF AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DEWASA: Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Sindang Raya Tamansari Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 93-100.
Umar, H. (2005). Manajemen Strategi. Jakarta: Erlangga.
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 93-101.
Yusri, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Andragogi. Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 25-52.
Zulaiha, E. &. (2020). Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran Terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab Di Kalangan Pelajar SMA/SMK Umum Di Kota Bandung. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 259-274.
Copyright (c) 2024 Muhammad Alam Ramadhan, Wahyu Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.