STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMAN 5 KUPANG

  • Nuraini Hamzah Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Anton Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Fazlur Rahman Universitas Muhammadiyah Kupang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMAN 5 Kota Kupang (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMAN 5 Kota Kupang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian adalah (1) strategi yang digunakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan keagamaan sebelum memulai proses pembelajaran. Seperti : melaksanakan sholat dhuha, membaca Al-Quran dan juga mengikutsertakan peserta didik di berbagai kegiatan-kegiatan  keagamaan agar meningkatkan kecerdasan spiritulanya. Bukan hanya itu Guru Pendidikan Agama Islam Juga menanamkan nilai-nilai spiritual dengan memberikan motivasi-motivasi terhadap peserta didik. (2) Faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu : Peran kepala sekolah, Peran orang tua dan Peran Guru-guru agama islam. Namun faktor penghambatnya antara lain sebagai berikut: Beberapa siswa yang belum memahami ajaran agama, jumlah guru dengan siswanya tidak proporsional dan sarana prasarana yang tidak memadai.

References

Arikunto,Suharasmi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.
Djamal, Paradigma Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Fahrisi, Ahmad kecerdasan Spiritual Dan Pendidikan Islam. Jakarta : Guepedia, 2020.
Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
J, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda karya, 2006.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta,2000.
Pahrudin, Agus. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Bandar Lampung : Pusaka Media, 2017.
Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Tembilahan Riau : PT Indragiri, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.
Wahab, Abdul & Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan & Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta : ArRuzz Media, 2017.
Published
2024-08-07
How to Cite
Hamzah, N., Anton, & Rahman, F. (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMAN 5 KUPANG. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 34 - 40. https://doi.org/10.59098/talim.v3i1.1705