SEJARAH PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ROTE NDAO

  • Ahlul Lelo Samby Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Marwan Gozali Universitas Muhammadiyah Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah dan proses awal perkembangan lembaga pendidikan Islam di Rote Ndao dan untuk mendeskripsikan faktor sosial budaya dan politik dalam mempengaruhi perkembangan lembaga pendidikan Islam. Dengan menggunkan  metode Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan studi dokumen. Dengan pendekatan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historigrafi. Hasil penelitian menunjukkan sejarah perkembangan lembaga pendidikan Islam di Rote Ndao, awalnya mulai dari masuknya agama Islam yang di bawa oleh para pedagang dan nelayan dari berbagai  suku yang singgah di daratan Rote Ndao khususnya di Papela. Perkembangan pendidikan awalnya dilakukan didalam keluarga yaitu suami istri dan anak, seiring berjalannya waktu terjadinya perkembangan didalam masyarakat yang semakin meningkat maka dibangunlah tempat ibadah yang sederhana yaitu langgar atau Musholah. Pendidikan mengenai ajaran agama sudah dilakukan di Musholah atau langgar yang diajarkan oleh para imam, dan dengan bartambahnya jumlah penganut agama islam yang tersebar di berbagai wilayah di Rote Ndao maka mulailah pembangunan masjid. 

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
BPS Kabupaten Rote Ndao. (2020). Kabupaten Rote Ndao.
Goro, A. K. (1997). Sejarah Perkembangan Agama Islam (Kabupaten Kupang).
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara.
K.Pah, K. (2022). Sejarah Islam di Papela Pulau Rote tahun 1900-2000. Universitas Nuca Cendana, 10–43.
Margono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet 14). Alfabeta.
Published
2024-08-07
How to Cite
Samby, A. L., & Gozali, M. (2024). SEJARAH PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ROTE NDAO. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 55 - 61. https://doi.org/10.59098/talim.v3i1.1707