Strategi Pembentukan Karakter Santri Melalui Pembiasaan Perilaku Terpuji Pada Era Modern 5.0 (Studi di PP As-Sa’idah Babusalam)
Abstract
Akhlak memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter seseorang. Ketika nilai nilai akhlak sudah tertanam dalam jiwa seseorang, maka akan berdampak besar bagi dirinya sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan memahami proses pembentukan akhlak dan karakter santri di Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam. Dalam artikel ini, dibahas model pembiasaan di dalam Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam dalam membentuk karakter santri. Peneliti memfokuskan bahasan pembentukan karakter terpuji santri melalui perilaku Khusnudzon, Raja dan Taubat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasilnya Proses pembentukan akhlak dan karakter santri di Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam melalui penerapan perilaku perilaku raja, khusnuzon dan taubat. Secara keseluruhan, penerapan perilaku "raja'", khusnuzon, dan taubat di kalangan santri memerlukan pendekatan yang terfokus dan berkelanjutan. Penentuan adanya santri teladan dilihat dari berbagai aspek yang ada pada diri santri, diantaranya nilai akademik madrasaha diniyah, penilaian akhlakul karimahnya, dan cara santri tersebut beradaptasi dengan sesama santri dan pengurus, serta dilihat dari hubungan santri dengan orang tuanya. Selain itu, perubahan dalam perilaku santri yang terkait dengan pembatasan penggunaan gadget juga menjadi perhatian, terutama dalam hal penampilan dan interaksi social
References
Adri, J., Ambiyar, A., Refdinal, R., Giatman, M., & Azman, A. (2020). Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 170. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1845
Andika, A. (2022). Agama Dan Perkembangan Teknologi Di Era Modern. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 129. https://doi.org/10.22373/arj.v2i2.12556
Anwari, A. M. (2020). Potret Pendidikan Karakter Di Pesantren: Aplikasi Model Keteladanan dan Pembiasaan dalam Ruang Publik. EDU PUBLISHER.
Christians, C. G., Fackler, M., Richardson, K. B., & Kreshel, P. J. (2020). Media Ethics: Cases and Moral Reasoning (11th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429282249
Furr, R. M., Prentice, M., Hawkins Parham, A., Hartley, A. G., & Fleeson, W. (2024). Is Doing Good Good Enough? A Motivation, Action, Sacrifice, and Temptation (MAST) View of Moral Praiseworthiness. Personality and Social Psychology Bulletin, 01461672241273243. https://doi.org/10.1177/01461672241273243
Jalal, N. M., Syam, R., Istiqamah, S. H. N., Irdianti, I., & Piara, M. (2022). Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1311
Khan, M. ravi, Aiyuda, N., & Fadhli, M. (2022). Kebosanan Akademik dan Kecanduan Gadget Selama Pandemi Covid-19 Pada Remaja | Psychopolytan: Jurnal Psikologi. https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/2346
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukti, A., Nahar, S., & Baihaqi, M. (2022). Model Penanaman Akhlak Santri Melalui Panca Jiwa Di Pondok Pesantren Modern Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2980
Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549
Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544
Oliveira, G. M., Vidal, D. G., & Ferraz, M. P. (2020). Urban Lifestyles and Consumption Patterns. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95717-3_54
Pangestu, A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Berbasis Pondok Pesantren Di Ma An Nawawi Berjan Purworejo. Mapendis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1.
Robbins, P., Alvear, F., & Litton, P. (2021). Good deeds and hard knocks: The effect of past suffering on praise for moral behavior. Journal of Experimental Social Psychology, 97, 104216. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2021.104216
Rusydiyah, E. F. & Matrapi. (2020). Character Education in Indonesian Pesantren: 1st Raden Intan International Conference on Muslim Societies and Social Sciences (RIICMuSSS 2019), Bandar Lampung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201113.004
Sinha, M., Pande, B., & Sinha, R. (2020). Impact of Covid-19 Lockdown on Sleep-Wake Schedule and Associated Lifestyle Related Behavior: A National Survey. Journal of Public Health Research, 9(3), jphr.2020.1826. https://doi.org/10.4081/jphr.2020.1826
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Hanum Mir'atul Maslahah, Lilik Iski Kaminah, Muhammad Imamul Muttaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.