Strategi Pembentukan Karakter Santri Melalui Pembiasaan Perilaku Terpuji Pada Era Modern 5.0 (Studi di PP As-Sa’idah Babusalam)

  • Hanum Mir'atul Maslahah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Indonesia
  • Lilik Iski Kaminah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Indonesia
  • Muhammad Imamul Muttaqin Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Indonesia
Keywords: Pembentukan Karakter, Karakter, Pembiasaan, Perilaku Terpuji

Abstract

Akhlak memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter seseorang. Ketika nilai nilai akhlak sudah tertanam dalam jiwa seseorang, maka akan berdampak besar bagi dirinya sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan memahami proses pembentukan akhlak dan karakter santri di Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam. Dalam artikel ini, dibahas model pembiasaan di dalam Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam dalam membentuk karakter santri. Peneliti memfokuskan bahasan pembentukan karakter terpuji santri melalui perilaku Khusnudzon, Raja’ dan Taubat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasilnya Proses pembentukan akhlak dan karakter santri di Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam melalui penerapan perilaku perilaku raja’, khusnuzon dan taubat. Secara keseluruhan, penerapan perilaku "raja'", khusnuzon, dan taubat di kalangan santri memerlukan pendekatan yang terfokus dan berkelanjutan. Penentuan adanya santri teladan dilihat dari berbagai aspek yang ada pada diri santri, diantaranya nilai akademik madrasaha diniyah, penilaian akhlakul karimahnya, dan cara santri tersebut beradaptasi dengan sesama santri dan pengurus, serta dilihat dari hubungan santri dengan orang tuanya. Selain itu, perubahan dalam perilaku santri yang terkait dengan pembatasan penggunaan gadget juga menjadi perhatian, terutama dalam hal penampilan dan interaksi social

References

Adri, J., Ambiyar, A., Refdinal, R., Giatman, M., & Azman, A. (2020). Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 170. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1845

Andika, A. (2022). Agama Dan Perkembangan Teknologi Di Era Modern. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 129. https://doi.org/10.22373/arj.v2i2.12556

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287–295. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.164

Anwari, A. M. (2020). Potret Pendidikan Karakter Di Pesantren: Aplikasi Model Keteladanan dan Pembiasaan dalam Ruang Publik. EDU PUBLISHER.

Badrudin, B. (2022). The Role and Responsibility of Pesantren in Facing Moral Degradation. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(2), 525–536. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3429

Christians, C. G., Fackler, M., Richardson, K. B., & Kreshel, P. J. (2020). Media Ethics: Cases and Moral Reasoning (11th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429282249

Dmour, R. A., Dawood, E. A. H., Dmour, H. A., Ra’, N. A., Masa’, E., & Deh, N. A. (2020). The effect of customer lifestyle patterns on the use of mobile banking applications in Jordan. International Journal of Electronic Marketing and Retailing, 11(3), 239. https://doi.org/10.1504/IJEMR.2020.108121

Fikri, M. A. (2022). Pesantren sebagai Solusi dalam Mengatasi ‘Maniak’ Media Sosial dan Game Anak. Musala : Jurnal Pesantren dan Kebudayaan Islam Nusantara, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i2.323

Fuady, F., & Ayu Ratnasari, S. (2022). Applying Attitude Mahmudah (Commendable Moral) To Students Through The Learning Of Aqidah Akhlak. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.56806/jh.v3i3.102

Furr, R. M., Prentice, M., Hawkins Parham, A., Hartley, A. G., & Fleeson, W. (2024). Is Doing Good Good Enough? A Motivation, Action, Sacrifice, and Temptation (MAST) View of Moral Praiseworthiness. Personality and Social Psychology Bulletin, 01461672241273243. https://doi.org/10.1177/01461672241273243

Jalal, N. M., Syam, R., Istiqamah, S. H. N., Irdianti, I., & Piara, M. (2022). Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1311

Khan, M. ravi, Aiyuda, N., & Fadhli, M. (2022). Kebosanan Akademik dan Kecanduan Gadget Selama Pandemi Covid-19 Pada Remaja | Psychopolytan: Jurnal Psikologi. https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/2346

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujahid, I. (2021). Islamic orthodoxy-based character education: Creating moderate Muslim in a modern pesantren in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 185–212. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.185-212

Mukti, A., Nahar, S., & Baihaqi, M. (2022). Model Penanaman Akhlak Santri Melalui Panca Jiwa Di Pondok Pesantren Modern Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2980

Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544

Oliveira, G. M., Vidal, D. G., & Ferraz, M. P. (2020). Urban Lifestyles and Consumption Patterns. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95717-3_54

Pangestu, A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Berbasis Pondok Pesantren Di Ma An Nawawi Berjan Purworejo. Mapendis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1.

Robbins, P., Alvear, F., & Litton, P. (2021). Good deeds and hard knocks: The effect of past suffering on praise for moral behavior. Journal of Experimental Social Psychology, 97, 104216. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2021.104216

Rusydiyah, E. F. & Matrapi. (2020). Character Education in Indonesian Pesantren: 1st Raden Intan International Conference on Muslim Societies and Social Sciences (RIICMuSSS 2019), Bandar Lampung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201113.004

Saini, M., & Latipah, S. (2022). Pendidikan Karakter Santri Berbasis Pesantren Tahfidzul Qur’an di Desa Jabon Kertosono Nganjuk. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 184–194. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1337

Sari, D. N. (2020). An Analysis of the Impact of the Use of Gadget on Children’s Language and Social Development. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019). International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019), Padang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.041

Sinha, M., Pande, B., & Sinha, R. (2020). Impact of Covid-19 Lockdown on Sleep-Wake Schedule and Associated Lifestyle Related Behavior: A National Survey. Journal of Public Health Research, 9(3), jphr.2020.1826. https://doi.org/10.4081/jphr.2020.1826

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukatin Sukatin, Pahmi Pahmi, Paridatul Hasanah, Resty Nurhalimah, M.Rizki Destrian Ramadhan, & Sudirman Sudirman. (2022). Pendidikan Agama Islam Dan Pembentukan Akhlak Siswa. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 186–192. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.468

Published
2024-08-26
How to Cite
Maslahah, H. M., Kaminah, L. I., & Muttaqin, M. I. (2024). Strategi Pembentukan Karakter Santri Melalui Pembiasaan Perilaku Terpuji Pada Era Modern 5.0 (Studi di PP As-Sa’idah Babusalam). Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 62-69. https://doi.org/10.59098/talim.v3i2.1828